Inilah Potret Sebagian Umat Islam Laksanakan Shalat Tarawih Malam Ini

0
1401
Kenapa Shalat Tarawih? Apa Arti dan Asal-usulnya?
Ilustrasi Tarawih.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan awal 1 Ramadhan 1443 H jatuh pada Sabtu (2/4/2022). Penetapan ini berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Sedangkan Pemerintah pusat melalui Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan ibadah puasa Ramadhan pada Ahad (3/2/2022) mendatang. Dengan begitu sholat tarawih akan dilaksanakan pada Sabtu (2/3/2022) besok.

Organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam seperti Nahdlatul Ulama dan Persatuan Islam memutusķan bulan puasa Ramadhan jatuh pada 3 April sama dengan putusan pemerintah pusat. Muhammadiyah memutuskan bulan puasa Ramadhan jatuh pada hari Sabtu (2/4/2022) dan sholat tarawih pada hari Jumat (1/4/2022).

Masjid Raya Mujahidin Bandung

Sebagian masyarakat di wilayah Bandung Raya mulai menjalankan sholat tarawih, Jumat (1/4/2022) malam dan akan menjalankan puasa Ramadhan pada Sabtu (2/3/2022).

Salah satu masjid yang menyelenggarakan tarawih yaitu Masjid Al Mujahidin, Jalan Sancang, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Masjid Agung Al Azhar Jakarta

Jamaah melaksanakan shalat tarawih di Masjid Agung Al Azhar, Jakarta Selatan, Jakarta, pada Jumat (1/4/2022).

Masjid Agung Al-Azhar menggelar Shalat Tarawih lebih awal dari pada penetapan yang ditentukan pemerintah terkait 1 Ramadhan 1443 Hijriah yang jatuh pada hari Ahad (3/4/2022).

Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta

Umat Islam melaksanakan shalat tarawih di Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta, Jumat (1/4/2022).

Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta menggelar shalat tarawih pertama bulan Ramadhan 1443 H.

Masjid Al Amanah Pragaan Sumenep

sejumlah warga di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, mulai melaksanakan shalat tarawih, Jumat (1/4/2022).

Salah satu desa yang mulai menggelar shalat tarawih yakni Masjid Al Amanah Dusun Galis, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep.

Imam masjid, Wakid Abdullah menyebutkan, puluhan warga bahkan sudah berdatangan sejak setelah shalat Magrib.

“Puluhan warga sudah berdatangan ke masjid, dan kita memang sudah memutuskan untuk memulai puasa Sabtu (2/4/2022) besok,” kata Wakid, Jumat.

Masjid At Taqwa, Banda Aceh

Sebagian masyarakat Provinsi Aceh yang tergabung dalam warga persyarikatan Muhammadiyah mulai melaksanakan Shalat Tarawih, dan akan berpuasa 1 Ramadhan 1443 Hijriah pada Sabtu besok.

“Iya, malam ini sudah mulai Tarawih,” kata Ketua Pemuda Muhammadiyah Kota Banda Aceh saat dijumpai Masjid At Taqwa, Banda Aceh, Jumat, malam.

Masjid AT Taqwa dipadati ratusan jamaah, baik laki-laki maupun perempuan. Terlihat juga Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR Aceh Safaruddin beserta sejumlah tokoh Muhammadiyah lain. Setelah melaksanakan Shalat Isya, langsung dilanjutkan dengan khutbah dan kemudian Shalat Tarawih.(Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini