Rotasi Fraksi Golkar Bergejolak, Demer Curhat Dicopot: Salah Saya Apa?

0
351
Rotasi Fraksi Golkar Bergejolak, Demer Curhat Dicopot: Salah Saya Apa?
Gde Sumarjaya Linggih.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Gejolak internal Partai Golkar paska pemilihan pimpinan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) belum reda. Bahkan rotasi anggota fraksi Golkar dan pencopotan pimpinan komisi masih menimbulkan luka. Yang jelas, friksi di internal Golkar belum mereda. Buktinya, pelantikan Kahar Muzakir sebagai Ketua Komisi XI DPR tertunda. Meski lobi-lobi berlangsung alot, namun akhirnya Kahar Muzakir resmi dilantik menggantikan Dito Ganinduto.

Bukan hanya Dito yang tergeser, Gde Sumarjaya Linggih, Wakil Ketua Komisi VI DPR ikut menjadi “korban rotasi”. Dia dicopot dari pimpinan Komisi VI DPR, sejak, jumat 22 Maret 2022. “Saya tidak tahu, salah saya apa, tiba-tiba dapat surat dari Sekretariat Komisi VI DPR untuk pergantian. Tapi saya ikuti perintah pimpinan,” katanya ditemui wartawan sebelum Rapat Panja Garuda, di Jakarta, seperti dikutip pada Sabtu (2/4/2022).

Namun demikian, kata Demer sapaan akrabnya mengaku tetap loyal dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga. “Komunikasi saya lancar dengan Pak Airlangga, tidak ada yang mengganjal. Bahkan ketika anak saya menikah, Pak Airlangga menjadi saksinya dan menikahkannya. Karena anak saya menjadi mualaf (masuk Islam),” ujarnya.

Dirinya bersama Airlangga bersama-sama sejak Airlangga menjadi Ketua Komisi VI DPR, sehingga tidak perlu diragukan. Namun setelah menjadi anggota biasa, waktu menjadi lebih longgar dan tidak sepadat dulu. “Saya nikmati saja,” ucapnya singkat.

Ditanya ada komunikasi yang macet dengan Kahar Muzakir, Demer secara diplomasi mengungkap bahwa dirinya sempat bertemu. Namun tidak memberitahukan soal pergantian tersebut. “Saya juga tidak enak, mau menanyakannya. Tapi ya biar sajalah….tak apa-apa,” imbuhnya.

Ditempat terpisah, Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) Lodewijk Freidrich Paulus melantik Ketua Fraksi Partai Golkar DPR RI Kahar Muzakir sebagai Ketua Komisi XI DPR RI. Pada rapat pelantikan itu disebutkan adanya perubahan susunan pimpinan Komisi XI DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, yaitu Ketua Komisi yang sebelumnya Dito Ganinduto digantikan oleh Kahar Muzakir.

“Berdasarkan surat dari pimpinan Fraksi Partai Golkar SJ.00.1115/FPG/DPRRI/III/2022 tanggal 22 Maret 2022 perihal perpindahan komisi dari Fraksi Partai Golkar DPR RI dan surat nomor SJ.00.1116/FPG/DPRRI/III/2022 tanggal 22 Maret 2022 perihal pergantian Ketua Komisi XI dari Fraksi Partai Golkar DPR RI,” tutur Lodewijk dalam rapat pelantikan di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Kamis (31/3/2022).

Lebih lanjut, pelantikan pergantian Ketua Komisi XI DPR RI itu disepakati oleh seluruh peserta rapat. Sehingga, dengan diketuknya palu, menandakan pengesahan pelantikan Kahar Muzakir sebagai Ketua Komisi XI DPR RI.(Si)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini