NU Care-LAZISNU Ajak Muslim Merawat Kepedulian melalui 4 Program Unggulan Ramadhan

0
411
NU Care-LAZISNU Ajak Muslim Merawat Kepedulian melalui 4 Program Unggulan Ramadhan
Ketua NU Care-LAZISNU, H Aii Hasan Al Bahar.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) menyiapkan berbagai program unggulan yang akan dijalankan selama Ramadhan 1443 Hijriah ini. Ketua NU Care-LAZISNU, H Aii Hasan Al Bahar mengatakan program-program unggulan selama Ramadhan secara keseluruhan mengusung tema Merawat Kepedulian.

Ia mengatakan seperti halnya semua umat Islam menyambut kedatangan bulan Ramadhan dengan gembira, karena di bulan Ramadhan akan tersebar seluas-luasnya kebaikan dan keberkahan, NU Care-LAZISNU menyambut dengan suka cita. Salah satu bentuk suka cita menyambut Ramadhan adalah dengan meningkatkan amal shaleh dan kebaikan-kebaikan.

Memfasilitasi umat Islam dalam mewujudkan kebaikan-kebaikan Ramadhan, NU Care-LAZISNU memiliki empat program unggulan yaitu Bangkitkan Usaha Umat, Sehatkan Masyarakat, Cerdaskan Santri, dan Bahagiakan Anak Yatim Dhuafa.

“Pertama, (program) Bangkitkan Usaha Umat. Kita semua tahu, perekonomian sampai saat ini belum bisa dikatakan stabil karena dampak dari pandemi dan bencana alam. Data BPS per Januari 2022, penduduk miskin meningkat ke angka 26,50 juta jiwa,” katan Ali Hasan Al Bahar di Gedung PBNU Jakarta Pusat, sebagaimana dikutip dari laman resmi NU, Minggu (3/4/2022).

Karena itu, program Bangkitkan Usaha Umat menjadi program unggulan yang akan dilaksanakan dalam program Ramadhan NU Care-LAZISNU tahun ini.

Program unggulan kedua, lanjut pria yang kerap disapa Habib Hasan, Sehatkan Masyarakat. Ia mengatakan program tersebut berangkat dari problem kelangkaan beberapa bahan makanan bergizi serta kebutuhan vitamin bagi masyarakat di tengah mutasi virus dan keadaan pandemi yang belum berakhir. Program kesehatan untuk masyarakat menjadi penting dilaksanakan.

Program unggulan yang ketiga adalah Cerdaskan Santri. Ia menjelaskan santri adalah masa depan negeri ini. Santri memiliki kontribusi yang sangat besar untuk negeri. Namun, masih banyak santri yang membutuhkan bantuan untuk akses belajarnya.

“Dan program unggulan ketiga ini, kami fokuskan untuk membantu santri,” ujarnya.

Sementara program unggulan yang keempat yaitu Bahagiakan Anak Yatim dan Dhuafa dilaksanakana mengingat jumlah anak yatim dan dhuafa yang terus bertambah selama pandemi Covid-19. Ia merinci ada 3,4 juta anak-anak yang telah menjadi yatim di masa pandemi dan juga ditinggalkan orangtuanya karena musibah bencana alam. Dhuafa dan difabel di masa pandemi juga semakin merasakan kesulitan.

Habib Hasan mengajak masyarakat untuk dapat memeriahkan bulan Ramadan dengan merawat kepedulian terhadap sesama.

“Saudara-saudara yang dirahmati Allah Swt, mari bersama NU Care-LAZISNU kita meriahkan Ramadan dengan merawat kepedulian kepada sesama. Selamat Ramadan 1443 Hijriah,” pungkasnya.

Umat Islam yang ingin berpartisipasi menyalurkan kepeduliannya dapat disalukan melalui rekening NU Care-LAZISNU maupun melalui lama nucare.id/ramadhan.(Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini