Jejak Politik Ahmad Mumtaz Rais Yang Digugat Cerai Futri Zulya Savitri, Anak Ketiga Amien Rais

0
801
Jejak Politik Ahmad Mumtaz Rais Yang Digugat Cerai Futri Zulya Savitri, Anak Ketiga Amien Rais
Futri Zulya Savitri menggugat cerai putra Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Nama Ahmad Mumtaz Rais , anak ketiga dari pasangan M Amien Rais dan Kusnasriyati Sri Rahayu, belakangan ramai mewarnai pemberitaan. Hal ini menyusul proses perceraian dengan istrinya, Futri Zulya Savitri , yang merupakan anak Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan.

Terlepas dari persoalan rumah tangga, Mumtaz dikenal sebagai anak muda yang sejak lama berkiprah di dunia politik. Mumtaz lahir di Yogyakarta, 17 September 1983. Dibanding saudara kandungnya, Mumtaz Rais lebih dahulu menjadi anggota Dewan. Dia merupakan anggota DPR RI Periode 2009-2014. Mumtaz maju dari Partai Amanat Nasional (PAN),bertarung di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah VIII (Cilacap-Banyumas).

Pada Pemilu 2014, Mumtaz tidak nyaleg. Dia kembali maju sebagai caleg DPR RI pada Pemilu 2019 dari Dapil Jawa Tengah VI. Namun, PAN gagal mendapatkan kursi di DPR dari Jawa Tengah. Padahal, kala itu Mumtaz meraup 59.099 suara.

Pada Kongres V PAN yang digelar di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sutra), Februari 2020, Mumtaz tak bisa menyembunyikan kegembiraannya setelah sang mertua, Zulkifli Hasan , kembali terpilih menjadi ketua umum DPP PAN. Momen dia memeluk Zulhas pun diunggah di akun Instagram-nya.

“Kekuasaan itu penting, karena dengan kekuasaan kita bisa berbuat banyak untuk kemaslahatan ummat. Selamat, Zulhas berkuasa untuk kedua kalinya, back to back Winner,” demikian keterangan di video yang diunggah di akun Instagram Mumtaz Rais.

Diketahui, pada Kongres V PAN tersebut, Amien Rais, ayah Mumtaz, mendukung Mulfachri Harahap sebagai ketum PAN. Jika Mulfachri menang, Hanafi Rais, kakak Mumtaz, menjadi sekjen.

Jejak politik Mumtaz kembali terlihat jelang Pilkada Serentak 2020. Mumtaz mendapat rekomendasi dari DPP PAN untuk maju dalam Pilkada Sleman 2020. Baliho dipasang. Blusukan dilakukan. Namun, pada 2 Juli 2020, Mumtaz mengumumkan mundur dari pencalonan.

Di akun Instagram-nya, Mumtaz menjawab pertanyaan seputar mundurnya dia dari pencalonan. “Persiapan reshuffle, kawan…,” begitu tulis Mumtaz menjawab komentar dari @helmihasanofficial.

Kala itu, beredar kabar Mumtaz akan disodorkan PAN menjadi menteri. Bahkan, ada yang mengaitkan hal ini dengan Amien Rais. Namun, Amien Rais dengan tegas membantah kabar mencalonkan anaknya menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju. Menurut Amien, itu adalah hoaks.

“Masak saya mencalonkan anak saya menjadi menterinya Jokowi? Ya Allah, nauzubillah min zalik. Itu adalah hoaks, hoaks. Kalau ada satu orang yang belum pernah menginjak Istana, tokoh, itu namanya Amien Rais, alhamdulillah,” tegas Amien, menjawab pertanyaan peserta diskusi ‘Bahaya Komunisme Di Dunia Islam – Prof Dr H Muhammad Amien Rais & KH Tengku Zulkarnain’ yang juga ditayangkan di channel YouTube UTZ Official.

Sejarah membuktikan Mumtaz memang tak masuk dalam daftar menteri maupun wakil menteri hasil reshuffle. Ketika ramai pemberitaan soal Amien Rais akan mendirikan partai baru yang disebut-sebur bernama PAN Reformasi, Mumtaz yang menjabat Ketua DPP PAN pun bereaksi dan menyebutnya sebagai PAN Halusinasi. Mumtaz bahkan bernazar untuk berenang dari Pantai Kapuk sampai Labuan Bajo bila partai baru yang diklaim telah direstui bapaknya itu benar-benar terbentuk.

Pada 1 Oktober 2020, Amien Rais akhirnya mengumumkan nama partai baru yang dibidaninya bersama kawan-kawannya. Namanya: Partai Ummat . Partai ini dideklarasikan pada 17 Ramadhan 1442 Hijriah atau bertepatan dengan 29 April 2021. Di tengah rencana sang ayah mendeklarasikan Partai Ummat, Mumtaz tetap menjalankan tugasnya sebagai ketua DPP PAN. Aktivitasnya menghadiri berbagai acara PAN di sejumlah daerah, kerap diunggah di akun Instagram-nya.

Pada Januari 2022, beredar kabar Mumtaz Rais yang akrab disapa Bang Jago tersebut dipecat dari PAN. Namun, kabar tersebut dibantah oleh Wakil Ketua Umum DPP PAN yang juga Juru Bicara (Jubir) DPP PAN Viva Yoga Mauladi. “Berita itu tidak benar,” kata Yoga saat dihubungi, Selasa (11/1/2022).

Dia mengatakan, Mumtaz beberapa minggu terakhir ini tidak aktif di kegiatan partai karena berada di luar negeri. Mumtaz ke Amerika Serikat (AS) karena urusan pekerjaan.

“Selama beberapa minggu Mas Mumtaz tidak aktif di partai karena memang tidak ada di Jakarta. Tapi karena berada di Amerika Serikat, untuk suatu urusan pekerjaan,” katanya.(Sin)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini