Simpanan di Bank Bertambah Naik, Pertanda UMKM Mulai Sehat dan Bangkit

0
189
Simpanan di Bank Berlipat Ganda, Pertanda UMKM Mulai Sehat dan Bangkit
Ilustrasi.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Staf Khusus Menteri Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan, Kementerian Koperasi UKM Riza Damanik mengatakan, kondisi UMKM saat ini sudah lebih baik jika dibandingkan dengan tahun di masa awal pandemi. Perbaikan bisa dilihat, salah satunya lewat indikator kenaikan simpanan UMKM antara Maret-April 2022.

Riza pun menyebut berdasarkan data yang dihimpun oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI), ada peningkatan simpanan UMKM sebesar 6,3% di kuartal I 2022. “Artinya ada penanbahan kapasitas menabung dari UMKM kita,” ujar Rizal dalam Market Review IDXChanel, Rabu (13/4/2022).

Selain itu, tambah Riza, perbaikan juga bisa dilihat dari penjualan eceran di bulan Maret 2022 yang mengalami peningkatan signifikan.

“Dari indikasi itu, di tahun 2022 kami semakin optimistis akan mengalami pertumbuhan yang cukup baik,” sambungnya.

Pertumbuhan tersebut juga disebabkan oleh mulai kembalinya aktivas masyarakat karena PPKM sudah dilonggarkan. Pelonggaran PPKM bisa menekan dampak kenaikan dan implementasi pajak.

Menurut Rizal saat ini sudah mulai banyak UMKM yang mengubah pola transaksi dari yang sebelumnya menggunakan uang tunai, menjadi QR Code.

“Kita menang harus memanfaatkan perubahan teknologi yang ada, ke depan akan kita tambah lagi UMKM go digital,” pungkasnya.(Tm


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini