Alasan Mengapa Perut Diistirahatkan Beberapa Jam Selama Ramadhan?

0
441
Alasan Mengapa Perut Diistirahatkan Beberapa Jam Selama Ramadhan?
Ilustrasi Buka Puasa.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Perut berposisi seperti pabrik yang memiliki banyak pekerja dan pelayan. Dalam diri manusia terdapat sejumlah perangkat yang memiliki hubungan dengannya.

Pengibaratan ini disampaikan ulama dan pemikir asal Turki, Badiuzzaman Said Nursi. “Jika nafsu tidak diistirahatkan sejenak di waktu siang selama satu bulan tertentu, dia akan membuat para pekerja dan pelayan tadi lupa terhadap ibadah mereka, membuat mereka sibuk dengan keinginannya, serta menjadikan mereka berada di bawah kendalinya,” kata Nursi dikutip dari bukunya yang berjudul “Misteri Puasa, Hemat, dan Syukur” terbitan Risalah Nur Press.

Menurut Nursi, hal ini tentu akan membingungkan perangkat dan indra di atas serta mengacaukannya disebabkan oleh suara bising pabrik dan asapnya yang tebal. Semua pandangan akan tertuju padanya sehingga lupa kepada tugas mulia yang ada.

Karena itu, kata dia, banyak para wali yang saleh biasa melatih diri untuk makan dan minum sedikit guna naik ke tangga kesempurnaan.

Nah, dengan datangnya bulan Ramadhan, para pekerja itu sadar kalau mereka tidak dicipta untuk pabrik semata. Namun perangkat dan indra itu juga bisa merasakan sejumlah kenikmatan maknawi di bulan Ramadhan yang penuh berkah,” jelas Nursi.

“Mereka mengarahkan perhatian padanya sebagai ganti dari permainan yang terdapat di pabrik tadi,” lanjut dia.

Karena itu, tambah Nursi, Pada bulan Ramadhan kaum mukmin meraih berbagai cahaya, limpahan karunia, serta kenikmatan maknawi sesuai dengan tingkat dan derajatnya.

Pada bulan yang penuh berkah tersebut terdapat banyak peningkatan dan limpahan karunia bagi kalbu, roh, akal, jiwa, serta berbagai perangkat halus manusia lainnya melalui puasa. “Meskipun perut menangis dan merintih, semua perangkat halus manusia tersenyum lepas,” kata Nursi.(R)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini