Lima Menu Takjil Khas Berbagai Daerah, Nomor 3 Jarang Ditemui

0
201
Lima Menu Takjil Khas Berbagai Daerah, Nomor 3 Jarang Ditemui
Bubur Kampiun Khas Minangkabau.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Hidangan takjil berupa jajanan tradisional hingga minuman ringan selalu dijumpai di setiap sudut pasar Ramadan. Berbagai cita rasa mulai dari manis hingga gurih dapat menggoyang lidah penikmatnya.

Berikut 5 jajanan tradisional dari berbagai daerah yang biasa muncul setiap Ramadan tiba seperti dilansir dari berbagai sumber. Apa saja itu?

  1. Kerupuk Mi Banjur

Makanan khas ini selalu tak lepas dari menu berbuka warga Bandung. Disebut kerupuk mi banjur, sebab untuk menikmati kerupuk ini harus disiram kuah oncom terlebih dahulu.

Kerupuk mi banjur yang berwarna kuning ini rasa aslinya asin, berpadu dengan kuah oncom gurih pedas semakin nikmat.

Biasanya menu ini disandingkan dengan teh hangat, cocok sebagai menu berbuka puasa. Warga menyebut makanan dengan sebutan yang berbeda-beda. Ada yang menyebut kurupuk anclom (celup) atau kerupuk ojay (berenang).

  1. Bubur Kampiun

Ini salah satu makanan khas yang paling sering diburu di Bulan Ramadan. Bubur kampiun adalah makanan khas Minangkabau yang cukup populer.

Biasanya bubur kampiun tersaji untuk menu takjil buka puasa. Dalam semangkuk bubur kampiun ini terdiri dari aneka jenis makanan seperti bubur sumsum, kolak ubi, pisang, candil, bubur delima dan ketan hitam.

  1. Bongko Kopyor

Makanan yang bernama bongko kopyor ini berasal dari Gresik, Jawa Timur. Bongko kopyor sering diburu saat Bulan Ramadan karena perpaduan rasa manis, legit dan segar yang dimilikinya.

Lima Menu Takjil Khas Berbagai Daerah, Nomor 3 Jarang Ditemui
Bongko Kopyor khas Gresik.

Bongko kopyor biasanya terbuat dari tepung terigu, daging kelapa muda, pisang, nangka dan roti tawar.

  1. Pakat

Menu unik khas Tapanuli ini mungkin akan membuat kedua alis berkerut saat pertama kali mendengarnya. Iya, karena Pakat terbuat dari rotan muda yang dibakar.

Rotan berusia muda ini dibakar di atas tungku selama satu jam, lalu dikupas dan diambil bagian dalamnya yang berwarna putih.

Nah setelah dipotong-potong, daging rotan ini siap disantap dengan kuah santan agar lebih nikmat! Makanan ini selalu hadir di setiap pasar tumpah di kota Medan dan sekitarnya.

  1. Kicak

Jajanan manis asal Yogyakarta ini, memang menjadi salah satu makanan yang paling laris untuk dinikmati sebagai hidangan berbuka.

Lima Menu Takjil Khas Berbagai Daerah, Nomor 3 Jarang Ditemui
Kicak khas Yogyakarta.

Makanan yang terbuat dari ketan putih tanak yang dihaluskan seperti gemblong ini biasanya dicampur dengan parutan kelapa dan potongan buah nangka sebagai pelengkapnya.

Lebih nikmat lagi, makanan ini disajikan dengan daun pisang.(Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini