Bintang Terang Anies Baswedan: Dapat Nyinyiran dari PDIP, Elektabilitasnya di Survei Kian Kokoh

0
414
Bintang Terang Anies Baswedan: Dapat Nyinyiran dari PDIP, Elektabilitasnya di Survei Kian Kokoh
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Tahun ini, Anies Baswedan akan lengser dari jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta. Anies digadang bakal maju sebagai salah satu capres di Pemilihan Presiden 2024.

Di penghujung jabatannya, Anies Baswedan pun kini semakin populer, terutama di kalangan pendukungnya.

Ia pun belakangan banyak menerima dukungan untuk maju Pilpres 2024.

Terbaru, dukungan secara konkret dinyatakan dalam bentuk rekomendasi oleh Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan (DPW PPP) DKI Jakarta.

PPP DKI merekomendasikan Anies berduet dengan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa untuk bisa berlaga di Pilpres 2024.

Sementara, PDIP memandang sinis hingar bingar pergerakan politik terhadap Anies untuk menjadi orang nomor satu di Indonesia.

Sisa masa jabatan menjadi argumen utamanya.

Di sisi lain, survei membuktikan, meroketnya elektabilitas Anies Baswedan.

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DKI Jakarta resmi rekomendasikan Anies Baswedan sebagai Calon Presiden dan Khofifah Indar Parawansa sebagai Calon Wakil Presiden di Pilpres 2024.

Hal ini diungkap Plt Ketua DPW PPP DKI Jakarta, Farhan Hasan, saat rapat pimpinan wilayah (rapimwil) di Hotel Sofyan, Jakarta Pusat.

“DPW PPP DKI Jakarta merekomendasikan kepada DPP PPP agar mencalonkan saudara Anies Rasyid Baswedan sebagai Calon Presiden RI dan mencalonkan Ibu Khofifah Indar Parawansa sebagai Wakil Presiden RI pada Pemilu 2024,” kata Farhan di lokasi, Kamis (14/4/2022).

Nyinyiran PDIP

Di sisi lain, PDIP memberi tanggapannya atas dinamika politik yang mengoyok Anies Baswedan menjadi capres pada Pilpres 2024 mendatang.

Politikus PDIP Gilbert Simanjuntak mengingatkan lagi soal sisa masa jabatan Anies Baswedan sebagai Gubernur Jakarta. Gilbert terang-terangan mengaku tidak nyaman terhadap kerja politik PPP itu.

“Yang menjadi tidak nyaman adalah terkesan bung Anies sudah tidak fokus mengurus rakyat DKI,” ucapnya saat dikonfirmasi, Senin (18/4/2022).

Komentar bernada nyinyiran itu tak henti sampai masa jabatan saja.

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta ini pun menyinggung janji-janji kampanye Anies baswedan yang disebutnya tidak yakin akan dituntaskan.

“Mungkin karena ketidakmampuannya misalnya dalam memenuhi janji kampanyenya. Apalagi waktu tinggal beberapa bulan lagi,” ujarnya.

Survei Terbaru

Soal dinamika politik menjelang Pilpres 2024, nama Anies Baswedan memang berada di deretan atas capres dengan elektabilitas tertinggi.

Jelang berakhir masa jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta, elektabilitas Anies Baswedan justru semakin meroket.

Ia pun jadi salah satu kandidat kuat calon presiden (Capres) pada Pilpres 2024 mendatang bersama sosok Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Fakta ini berdasarkan hasil survei nasional yang dilakukan lembaga penelitian kebijakan dan opini publik Populi Center.

Pada pertanyaan terbuka jika Pilpres digelar hari ini, elektabilitas Anies berada di angka 7,2 persen. Sedangkan, elektabilitas Prabowo 13,4 persen dan Ganjar 11,6 persen.

Dari hasil survei tersebut, elektabilitas Ganjar dan Anies terus meroket selama 3 tahun terakhir.

Pada November 2019 silam, elektabilitas Anies 2,9 persen dan Ganjar 1,8 persen.

Kemudian pada Oktober 2020, elektabilitas Anies naik menjadi 5,5 persen dan Ganjar 2,6 persen. Berbanding terbalik dengan Anies dan Ganjar, elektabilitas Prabowo justru semakin merosat dalam tiga tahun terakhir.

Pada November 2019, elektabilitas berada di angka 16,7 persen. Kemudian turun menjadi 15,3 persen pada Oktober 2020 lalu.

Sedangkan, hasil jajak pendapat yang dilakukan pada Maret 2022 menunjukkan bahwa elektabilitas di kisaran 13,4 persen.

Sebagai informasi, hasil survei didapat dari 1.200 responden yang dipilih secara acak dari 120 kelurahan di 34 provinsi di Indonesia.

Pengambilan sampel dilakukan pada rentang waktu 21 hingga 29 Maret 2022 dengan metode acak bertingkat, mulai dari pengacakan kelurahan, RT, hingga keluarga.

Adapun proporsi gender responden sudah ditentukan sebesar 50:50. Hasil survei memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error plus minus 2,83 persen.

Sekjen Gerindra: Prabowo akan maju di 2024

Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, semangat untuk menjadikan Prabowo presiden pada 2024 harus terus digelorakan di Jawa Barat.

Hal ini mengingat dukungan rakyat Jawa Barat yang begitu kuat untuk Prabowo dan juga Partai Gerindra.

“Pak Prabowo dua kali menang di Jawa Barat, Pilpres 2014 dan Pilpres 2019. Ini membuktikan bahwa kepercayaan rakyat Jawa Barat ke Prabowo dan Partai Gerindra begitu luar biasa. Ini adalah sebuah energi dan kekuatan baru untuk kita bisa membalas apa yang sudah diberikan rakyat Jabar kepada Gerindra,” kata Muzani dalam acara konsolidasi dengan pengurus Partai Gerindra se-Bandung Raya, Minggu, (24/4/2022).

Muzani mengatakan dukungan rakyat Jabar terhadap Gerindra begitu besar. Pada Pemilu lalu, Gerindra peroleh 18 kursi DPR RI.

Partisipasi dan dukungan rakyat Jabar tersebut harus dibalas dengan kemenangan pada Pemilu 2024.

“Pertanyaannya, apakah Pak Prabowo maju pada 2024? Pak Prabowo adalah pejuang, beliau akan maju sampai tujuan itu tercapai. Itu sebabnya kita harus mulai bergerak, yang ranting bergerak di tingkat desa atau kelurahan, PAC mulai mulai menyiapkan diri ditingkat kecamatan, DPC mulai bergerak di tingkat kabupaten atau kota, DPD di lingkup provinsi, dan DPRD serta DPR RI mulai konsolidasi di dapilnya masing-masing,” kata Muzani.

Ia mengatakan dalam berbagai hasil survei, popularitas dan elektabilitas Prabowo sebagai capres adalah yang paling dominan dibandingkan capres lainnya.

Hal ini sejalan dengan seluruh aspirasi 34 DPD Gerindra di Indonesia yang menyatakan dukungannya kepada Prabowo untuk maju kembali sebagai calon presiden di 2024.

“Saya bisa pahami mengapa rakyat Jabar selalu menginginkan Prabowo jadi presiden. Kenapa demikian? Karena Prabowo adalah orang yang selalu mementingkan persatuan. Mementingkan kemakmuran dan kemajuan bagi bangsanya. Persatuan untuk semuanya,” ujarnya.(Tb)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini