Hari Ini, Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Gilimanuk

0
1404
Hari Ini, Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Gilimanuk
Pemudik dari Pulau Bali yang hendak menuju Pulau Jawa sudah memadati kawasan Pelabuhan Gilimanuk di Kabupaten Jembrana pada musim arus mudik Lebaran Idul Fitri 2022.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Pemudik dari Pulau Bali yang hendak menuju Pulau Jawa sudah memadati kawasan Pelabuhan Gilimanuk di Kabupaten Jembrana pada musim arus mudik Lebaran Idul Fitri 2022.

Dari pantauan wartawan teropongmetro.com, terpantau seluruh dermaga Pelabuhan Gilimanuk telah dipadati oleh ribuan kendaraan pemudik baik motor dan mobil. Sesuai prediksi, puncak arus mudik diperkirakan hari ini (28/4/2022). Puncak tertingginya diperkirakan pada malam hari hingga besok Jumat (29/4/2022) pagi.

Pengelola pelabuhan menyiapkan tenda yang diperuntukkan bagi pemudik motor untuk antre masuk ke kapal. Tenda itu terletak di semua dermaga pelabuhan.

Semua tenda yang dikhususkan untuk sepeda motor itu dipenuhi pemudik, mulai pukul 05.15 Wita, situasi di Pelabuhan Gilimanuk sudah dipadati pemudik motor yang hendak pulang kampung ke berbagai wilayah Jawa dan sekitarnya.

Ribuan kendaraan yang akan masuk pelabuhan antre hingga ekor antrean di pintu masuk areal terminal manuver, sekitar 600 meter dari loket tiket Pelabuhan Gilimanuk.

Dalam areal parkir Pelabuhan Gilimanuk, juga terpantau parkir kendaraan yang padat. Mulai dari mobil pribadi dan motor memadati areal parkir untuk antre masuk kapal yang akan menyeberang ke Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.

Hingga Kamis siang, antrean kendaraan roda dua masih mengular. Sementara antrean mobil mulai berangsur-angsur berkurang.

Peningkatan drastis di Pelabuhan Gilimanuk ini sudah diprediksi sebelumnya. Korsatpel BPTD Pelabuhan Gilimanuk menyebut bahwa, prediksi arus mudik tahun 2022 diperkirakan pada 28 dan 29 Mei.

Pihaknya bersama instansi terkait sudah melakukan upaya antisipasi agar antrean cepat terurai dan pemudik bisa segera diangkut menyebrang.

Sebelumnya, pada Selasa (26/4), Pemerintah telah mengimbau pemudik yang hendak menyeberang dari Pelabuhan Gilimanuk untuk segera menyeberang lebih awal dan memilih waktu di siang hari.

Hal ini disarankan untuk menghindari kepadatan di hari puncak mudik dan di waktu malam hari, seperti yang sering terjadi di Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk-Ketapang.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan tiga hari ini (26,27 dan 28 April 2022) untuk menyeberang. Jangan menunggu puncak mudiknya, agar tidak terjadi kepadatan,” kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, dikutip dari laman resmi Kemenhub.

Selain itu, Menko Muhadjir juga merekomendasikan disparitas harga tiket penyeberangan.

“Saya rekomendasikan ada disparitas harga tiket penyeberangan di siang hari dengan malam hari. Yang siang hari dibuat lebih murah sehingga diharapkan pergerakan lebih merata,” ujarnya.(Ndan)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini