Wujudkan Data Pemilih Akurat, KPU Denpasar Mutakhirkan Data Pemilih Berkelanjutan

0
447
Wujudkan Data Pemilih Akurat, KPU Denpasar Mutakhirkan Data Pemilih Berkelanjutan
Rapat Pleno dihadiri oleh jajaran Komisioner, Sekretaris, dan Kepala Sub Bagian serta operator pada Rabu 27 April 2022, di Aula KPU Kota Denpasar.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Denpasar memperbaharui sebanyak 438.801 data pemilih dalam pemutakhiran data pemilih berkelanjutan (PDPB) periode April 2022.

Data selanjutnya disusun dalam rekapitulasi daftar pemilih hasil PDPB dan ditandatangani pada Rabu 27 April 2022, di Aula KPU Kota Denpasar. Rapat Pleno dihadiri oleh jajaran Komisioner, Sekretaris, dan Kepala Sub Bagian serta operator.

Ketua KPU Kota Denpasar, I Wayan Arsa Jaya dalam sambutannya mengatakan bahwa DPB sebagai upaya penguatan terhadap daftar pemilih berkelanjutan (DPB) dari seluruh stakeholder yang ada, demi terwujudnya daftar pemilih yang akurat dan akuntansi.

“Salah satu elemen terpenting baik dalam pemilu maupun pemilihan adalah daftar pemilih, semakin akurat data pemilih akan sangat berpengaruh terhadap kualitas pemilu dan pemilihan,” kata Wayan Arsa Jaya.

Sementara itu, Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kota Denpasar, Dewa Ayu Sekar Anggaraeni menyebutkan 212 data pemilih masuk dalam kategori pemilih baru. Sementara itu, pemilih kategori tidak memenuhi syarat (TMS) sebanyak 967 pemilih.

“Kategori potensi pemilih baru terdiri dari 211 pemilih baru dan purnawirawan TNI 1 pemilih. Pemilih TMS terdiri dari 577 pemilih pindah keluar, 367 pemilih meninggal, dan 5 pemilih alih status menjadi TNI serta 18 pemilih alih status menjadi polri,” terang Sekar, Rabu (27/4/2022).

Berdasarkan rekapitulasi daftar pemilih hasil PDPB periode April, pemilih di Kota Denpasar sejumlah 438.801 pemilih dan ada penurunan jumlah data pemilih sebanyak 755 dari data bulan Maret yang berjumlah 439.556 pemilih.

“Rekapitulasi daftar pemilih hasil PDPB periode April 2022 ini tersebar di 43 kelurahan dan Desa, di Empat kecamatan,” sambungnya.

Sekar menuturkan rekapitulasi hasil PDPB ini akan diumumkan di papan pengumuman, laman, dan di media sosial KPU Kota Denpasar.

“Selain diumumkan guna keterbukaan informasi publik, kami juga mengunggah di laman KPU Kota Denpasar. Publik dapat mengunduh data hasil pemutakhiran,” katanya.

“Publik juga dapat mengecek secara mandiri keterdaftarannya sebagai pemilih di laman lindungihakmu.kpu.go.id atau melalui aplikasi di Play Store Lindungi Hakmu. Dan dapat memberikan masukan atau tanggapan apabila belum terdaftar sebagai pemilih atau keterdaftarannya di TPS setempat, elemen datanya berbeda dengan KTP-el,” tambahnya.

Adapun data bahan PDPB periode April 2022 diperoleh di antaranya validasi data yang dilakukan oleh disdukcapil, serta tanggapan dan masukan dari masyarakat. KPU Kota Denpasar selanjutnya melakukan pencermatan dan verifikasi dengan menyandingkan pada DPT terakhir dan daftar pemilih berkelanjutan (DPB) di bulan sebelumnya.

Penyelenggaraan PDPB berdasarkan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Pasal 20 huruf l, KPU kabupaten/kota berkewajiban melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan.

Di samping itu, KPU memedomani Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2021 tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan. Di mana hasil pemutakhiran ini digunakan untuk mempermudah penyusunan DPT Pemilu dan/atau pemilihan berikutnya.(Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini