Hepatitis Misterius Diduga Disebabkan oleh Covid-19 Varian Baru

0
1017
Hepatitis Misterius Diduga Disebabkan oleh Covid-19 Varian Baru
Epidemiolog Dicky Budiman.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Epidemiolog Griffith University Australia Dicky Budiman memberikan penjelasan soal fenomena hepatitis misterius yang menyerang anak-anak.

Ia menduga ada peran Covid-19 di balik fenomena wabah penyakit tersebut. “Ada dugaan hepatitis misterius disebabkan oleh varian baru Covid-19 yang belum teridentifikasi,” ucap Dicky, Rabu (4/5/2022).

Kendati demikian, dia belum bisa memastikan soal penyebab hepatitis misterius tersebut. “Kami sampai saat ini belum bisa memastikan penyebab hepatitis misterius ini,” katanya.

Dicky menjelaskan, dalam kasus hepatitis misterius ini, organ vital yang diserang ialah liver. “Hepatitis misterius, organ yang diserang adalah liver dan anak-anak menjadi sasaran utama varian tersebut,” beber Dicky.

Dicky mengatakan, banyak anak-anak yang telat mendapatkan vaksin Covid-19, sehingga rentan terhadap berbagai penyakit seperti hepatitis.

“Fenomena di masyarakat global, anak-anak pun belum banyak yang mendapatkan vaksin Covid-19 dua dosis, boro-boro booster,” katanya.

Maka dari itu, Dicky melihat varian tersebut mengincar anak-anak karena secara antibody mereka tidak memilikinya atau lemah.

“Hepatitis bisa juga dialami mereka yang berusia dewasa muda atau lansia, pun khususnya pada semua usia kalau mereka punya komorbid yang dapat memperburuk,” terang Dicky.

Selain itu, Dicky juga menyebut anak-anak rentan terinfeksi hepatitis misterius karena imunitas mereka yang buruk.

“Ingat, Long Covid-19 itu yang banyak dilaporkan juga soal hepatitis,” tandas Dicky. (Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini