Arus Balik Lancar, Seluruh Rekayasa Lalu Lintas Resmi Diakhiri

0
252
PAN Sebut Mudik Jadi Momen Pemulihan Ekonomi Setelah 2 Tahun Terpuruk
Ilustrasi.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Korlantas Polri mengakhiri rekayasa lalu lintas one way dan ganjil genap saat arus balik mudik Lebaran 2022 dari Tol Kalikangkung sampai Tol Jakarta-Cikampek. Rekayasa lalu lintas tersebut diakhiri setelah melihat kondisi lalu lintas saat arus balik yang sudah mulai lancar.

“Kami melaporkan kepada pimpinan bahwa kami akan menyelesaikan menutup penerapan ganjil-genap yang sudah kami terapkan sejak tanggal 5, kemudian diperpanjang sampai dengan tanggal 6,” ujar Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi, dalam keterangannya, Senin (9/5/2022).

Firman mengatakan untuk memastikan semuanya berjalan normal pada pukul 00.30 WIB pihaknya menyisir jalan dari arah Jakarta menuju KM 70. Menurutnya peran aktif masyarakat membuat sukses pelaksanaan arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1443 hijriyah.

“Sebagai indikator suksesnya operasi ini juga karena peran serta seluruh masyarakat yang terus memberikan masukan kepada kami selama melayani kegiatan operasi ini,” kata Firman.

Selanjutnya, Polri akan terus melakukan evaluasi jika ada hal yang kurang terkait pelaksanaan pengamanan mudik Lebaran tahun ini. Berdasarkan data, Firman menyebut angka kecelakaan pada Operasi Ketupat 2022 mengalami penurunan 31 persen jika dibandingkan musim mudik dan balik Lebaran 2019 periode sebelum pandemi Covid-19.

“Fatalitas juga menurun. Inilah yang kami harapkan operasi lancar bisa bersilaturahim, kecelakaan turun, fatalitas juga turun dan moga-moga Covidnya juga tidak yang dibawa pulang kembali ke Jakarta,” ucap Firman.

Sebelumnya, Kabagops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi meminta jajaran Polda Jawa Tengah, Polda Jawa Barat, hingga Polda Metro Jaya bersiap melakukan penormalan rekayasa lalu lintas arah tol Kalikangkung KM 414 Semarang sampai Tol Jakarta-Cikampek dan sebaliknya. Ia juga meminta jajaran yang bertugas mempersiapkan normalisasi rekayasa lalin, seperti penggulungan traffic cone dan sebagainya.(R)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini