Koalisi Nasdem-PKS-PAN Bakal Mulus Kalau Elektabilitas Anies Konsisten Sampai 2023

0
1095
Koalisi Nasdem-PKS-PAN Bakal Mulus Kalau Elektabilitas Anies Konsisten Sampai 2023
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan Surya Paloh Ketum Partai NasDem.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Koalisi Nasdem, PKS dan PAN dimungkinkan bisa terjadi untuk mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi calon presiden, namun ketiga partai tersebut juga bisa sebaliknya, tidak mendukung apalagi mengusung Anies.

Analis politik Ujang Komarudin berpendapat bahwa, koalisi itu bisa terjadi, namun itu semua tergantung pada elektabilitas Anies yang harus konsisten hingga jelang pendaftaran capres dan cawapres pada September 2023 mendatang.

“Karena Anies Oktober 2022 akan habis jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta. Artinya ada masa menganggur kurang lebih satu tahun hingga September 2023 nanti,” ucap Ujang, Selasa (10/5).

Direktur eksekutif Indonesia Political Review ini menambahkan, jika selepas Anies meninggalkan jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta elektabilitasnya tetap moncer, maka tidak menutup kemungkinan ketiga partai tersebut bakal mendukung Anies menjadi calon presiden.

“Namun jika di masa tak punya jabatan Anies tak bisa menaikkan elektabilitasnya ya mereka bisa beralih ke capres lain yang punya elektabilitas yang tinggi. Karena jika elektabilitasnya tinggi, potensi menangnya juga tinggi,” katanya.

Saat ini, kata Ujang, peluang Anies sangat besar jika mampu menjaga dan menaikkan elektabitalisnya.

“Akan ada partai yang mengusung dan mendukungnya. Namun jika elektabilitas nya stagnan atau turun, partai-partai akan kabur. Jadi peluang itu tergantung pada Anies sendiri dalam menjaga dan menaikkan elektabilitas nya ke depan,” tutupnya.(ra)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini