Rumah Warga di Batugambir, Julah Dirusak dan Dibakar Massa

0
444
Rumah Warga di Batugambir, Julah Dirusak dan Dibakar Massa
Rumah Warga di Batugambir, Julah Dirusak dan Dibakar Massa
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Sebuah rumah warga yang ada di atas lahan sengketa di Banjar Dinas Batugambir, Desa Julah, Kecamatan Tejakula, Buleleng dirusak dan dibakar massa, Kamis (9/6/2022). Bukan hanya itu, kendang sapi milik pemilik rumah juga ikut dirusak.

Kasi Humas Polres Buleleng, AKP I Gede Sumarjaya, menjelaskan, peristiwa perusakan dan pembakaran rumah warga penggarap tanah lahan sengketa serta perusakan kandang sapi terjadi sekira pukul 08.00 Wita. Peristiwa itu dilaporkan pemilik rumah, Sahrudin (26), warga Banjar Dinas Batugambir, Desa Julah, Kecamatan Tejakula.

Dipaparkan AKP Sumarjaya, pada saat itu, di lahan tanah sengketa tersebut, warga masyarakat Desa Adat Julah akan mengadakan kegiatan gotong-royong bersih-bersih. Jumlah warga kurang lebih 150 orang dipimpin Kelian Adat, Ketut Sidemen, S.Pd. Sesampai di lokasi warga melakukan persembahyangan.

Setelah persembahyangan selesai, Kelian Adat membacakan silsilah tanah yang disengketakan dan hasil putusan PTUN yang diajukan oleh pihak penggugat. “Dan beberapa saat ketika arahan masih berlangsung, ada pertanyaan-pertanyaan dari warga. Saat itu pula terdengar suara benturan batu seperti pelemparan mengarah ke rumah penggarap tanah sengketa tersebut. Dan beberapa massa lainnya terpancing dan ikut melakukan pelemparan serta melakukan pembakaran,” ujar AKP Sumarjaya.

Dikatakan, akibat dari kejadian tersebut, korban Sahrudin mengalami kerugian berupa rumah tempat tinggalnya terbakar dengan isinya dan dapurnya. Sementara kerugian belum bisa ditentukan oleh korban. Atas peristiwa tersebut, korban melaporkan ke Polsek Tejakula guna diproses secara hukum.

Menurut AKP Sumarjaya, setelah adanya laporan tersebut, Polsek Tejakula yang dipimpin langsung Kapolsek Tejakula, AKP IB Astawa, melakukan Langkah-langkah, di antaranya olah TKP, meminta bantuan pemadam kebakaran untuk memadamkan api, menghubungi PLN untuk memutus aliran listrik di rumah warga yang terbakar, dan meminta keterangan beberapa saksi.

“Kasus ini masih dalam proses penyelidikan Polsek Tejakula,” tandas AKP Sumarjaya.(Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini