Banyak Tokoh Dorong Muhammadiyah Dirikan Universitas di Kampar

0
4617
Banyak Tokoh Dorong Muhammadiyah Dirikan Universitas di Kampar
Prof. Din Syamsuddin bersama para tokoh di Kampar.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Peran Muhammadiyah dalam mencerdaskan kehidupan kebangsaan dan negara Indonesia, Muhammadiyah memiliki ratusan Amal Usaha dalam bentuk perguruan tinggi sebagai bukti nyata dan tidak ada yang memungkirinya. Masjid dan perguruan tinggi merupakan jelmaan dari keimanan yang mewujud menjadi amal saleh.

Tidak ingin ketinggalan dari Muhammadiyah wilayah maupun daerah lain, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kampar, Riau juga berencana akan mendirikan universitas. Hal itu diketahui ketika acara Silaturahmi dan Gebyar Muktamar ke-48 Muhammadiyah yang diadakan oleh Keluarga Muhammadiyah Kampas pada (8/6).

Rencana itu mendapat respon positif dan dukungan dari Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah (2005-2015), Prof. Din Syamsuddin. Di acara tausiyah, Din menyampaikan bahwa apresiasi yang besar atas semangat dakwah yang ditunjukan oleh Keluarga Muhammadiyah Kampar. Seperti Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kampar yang sedang mendirikan masjid, dan PDM Kampar yang berencana mendirikan universitas.

“Orang-orang yang beriman itu yang menjelmakan imannya dalam perbuatan nyata, dalam kebaikan-kebaikan. Saya sungguh berbangga bahwa Pemuda Muhammadiyah di Kabupaten Kampar ini ingin membangun masjid…. Dan begitu pula sangat membanggakan bahwa Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kampar bertekad untuk membangun sebuah perguruan tinggi,” katanya.

Menurut Din, rencana tersebut merupakan visi masa depan yang tepat. Dia menyarankan supaya dalam proses pembangunannya melalui koordinasi dengan daerah-daerah sekeliling, agar terjadi kesatupaduan dalam memancang rencana besar tersebut. Terlebih dengan Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI).

Dukungan juga datang dari Wakil Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) Edy Afrizal Natar Nasution. Menurutnya, Muhammadiyah tidak hanya berada di pusat atau di kota-kota besar saja, melainkan Muhammadiyah senantiasa hadir di seluruh pelosok negeri dengan amal usaha nyata untuk mencerdaskan dan mensejahterakan anak-anak bangsa.

“Ini adalah program dan usaha yang luar biasa dilaksanakan keluarga besar Muhammadiyah Kampar. Ini pantas kita ketahui bahwa Muhammadiyah merupakan organisasi melalui kader-kadernya di berbagai daerah telah menampakkan kontribusi nyata dalam pembangunan di Provinsi Riau, khususnya di Kabupaten Kampar,” tuturnya.

Selain dari Wakil Gubernur, dukungan juga didapatkan dari Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar, Yusri. Dia tidak meragukan peran kebangsaan dan keumatan yang telah dilakukan oleh Muhammadiyah sejak sebelum kemerdekaan sampai sekarang. Muhammadiyah berperan penting dalam mengembangkan syiar dan beramal juang bagi umat, bangsa, dan negara.

“Muhammadiyah merupakan organisasi Islam besar yang ada di Indonesia. Muhammadiyah sendiri memiliki peran dalam mengembangkan syiar atau beramal dan berjuang, untuk perdamaian serta kesejahteraan masyarakat dengan mengamalkan ukhuwah Islamiah,” kata Yusri.(Md)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini