Jangan Asal Beli, Ini Rekomendasi STB Tersertifikasi Kominfo untuk Siaran TV Digital Terbaru

0
1053
Jangan Asal Beli, Ini Rekomendasi STB Tersertifikasi Kominfo untuk Siaran TV Digital Terbaru
Tangkapan Layar Set Top Box (STB).
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Migrasi siaran TV analog ke digital atau ASO membuat sebagian masyarakat membutuhkan perangkat tambahan berupa Set Top Box (STB). Kominfo mulai menerapkan tahap 1 migrasi siaran TV analog ke digital atau ASO sejak 30 April 2022 lalu. Sementara, untuk tahap kedua akan dilakukan pada 25 Agustus 2022 dan tahap ketiga 2 November 2022.

Dengan adanya Analog Switch Off (ASO), masyarakat harus menghentikan siaran analog dan beralih ke siaran digital.

Masyarakat bisa membeli perangkat STB TV digital sesuai merek dan harga yang diinginkan, yang telah tersertifikasi Kominfo. Kominfo memberikan sertifikasi kepada sejumlah merek Set Top Box TV digital, yang bisa dibeli di pasaran dengan beragam harga.

Masyarakat dapat membeli perangkat Set Top Box TV digital di pasaran dengan harga mulai Rp100 ribuan hingga Rp400 ribuan per unit. Adapun contoh merek STB yang paling umum dan banyak dijual di pasaran yakni ada Polytron dan Matrix.

Set Top Box memiliki fungsi utama yakni membuat gambar dan suara dalam tayangan menjadi lebih jelas dan berkualitas seperti TV digital dibandingkan menonton siaran TV analog. Adapun fungsi lain dari Set Top Box ini adalah untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV analog biasa.

Karena memang fungsi dari STB adalah untuk mengubah sinyal digital yang diterima antena menjadi sinyal analog untuk diteruskan ke TV analog. Sekilas informasi, STB ini memiliki beberapa nama yang sebenarnya memiliki makna yang seperti decoder, converter, receiver dan pengubah sinyal.

Bagi masyarakat yang telah memiliki TV digital dengan perangkat penerima DVB-T2 dapat langsung melakukan pemindaian siaran digital di sekitarnya. Masyarakat yang tidak punya TV digital atau tidak ingin mengganti TV analog miliknya wajib tahu jenis perangkat STB apa saja yang direkomendasikan oleh Kominfo.

Karena hanya STB yang besertifikasi Kominfo yang bisa digunakan dengan baik pada perangkat TV analog, sehingga semua fitur yang ada di siaran TV digital pun bisa digunakan.

Kenapa Harus Bersertifikat?

Satu hal perlu mendapat perhatian masyarakat yaitu memastikan saat membeli STB atau pesawat televisi digital ada keterangan produk telah tersertifikasi Kementerian Kominfo. Tanda sertifikasi merupakan jaminan atas kecocokan, keselarasan dan keoptimalan fungsi piranti.

Setiap perangkat STB dan perangkat TV digital yang diperdagangkan di Indonesia wajib mengantongi sertifikasi. Selain itu, ada pula kewajiban sebuah perangkat memenuhi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN). Demikian disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate beberapa waktu lalu.

Sertifikasi memberikan jaminan kesesuaian teknologi, spesifikasi teknis dan keamanannya. Bila teknologi atau spesifikasi teknisnya berbeda, perangkat tersebut belum tentu bisa menangkap siaran TV Digital di Indonesia secara optimal.

Sertifikasi atas piranti STB dan TV digital juga menjamin berjalannya fungsi Early Warning System (EWS) atau peringatan dini kebencanaan. Dengan adanya sertifikasi, produk dijamin berfungsi sesuai dengan standar penyiaran di Indonesia, melindungi masyarakat dan turut membantu berkembangnya industri dalam negeri.

Sebagai catatan, Kominfo menyertifikasi perangkat STB siaran TV digital ialah sebagai bentuk jaminan bahwa STB yang digunakan nantinya dipastikan bisa digunakan, dan semua fitur di siaran digital bisa berfungsi optimal.

Sebagai informasi tambahan, siaran TV digital ini gratis menontonnya, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk berlangganan acara yang ingin dinikmati.

Rekomendasi STB Tersertifikasi Kominfo untuk Siaran TV Digital

Dengan adanya sertifikasi pada sebuah produk, maka perangkat yang digunakan akan lebih terjamin untuk bisa digunakan. Karena adanya jaminan resmi dan perlindungan dari instansi kredibel.

Simak 26 Set Top Box (STB) bersertifikasi Kominfo ini untuk bisa menangkap siaran TV digital agar tidak beli yang abal-abal:

  1. Akari ADS-2230
  2. Akari ADS-210
  3. Akari ADS-186
  4. Akari ADS-525
  5. Evercoss STB Mini
  6. Evercoss STB1
  7. Evercoss STB Max
  8. Evercoss STB Pro
  9. Evinix H-1
  10. Freebox H-1
  11. Ichiko 800HD
  12. Kubik Kubik Arca DVB-T2
  13. Matrix Apple
  14. Matrix CH-77
  15. Nexmedia NA1300/DVB-T2 MPEG4 HD
  16. Nextron NT2000-D
  17. Nextron TR 1000
  18. Polytron PDV 600T2
  19. Sharp STB-DD001I
  20. Super HD HD 168
  21. Super HD HD 168 Gol
  22. Tanaka T2
  23. Tanaka T2 Jurassic
  24. Tanaka T2 New
  25. Venus Brio
  26. Visio HS1685

Demikian daftar 26 STB resmi yang telah bersertifikasi dari Kominfo untuk digunakan dalam migrasi siaran TV analog ke siaran TV digital.(Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini