Mahasiswa Asing Serbu Kampus Muhammadiyah, Ada 1411 Pendaftar Calon Mahasiswa Internasional

0
27138
Mahasiswa Asing Serbu Kampus Muhammadiyah, Ada 1411 Pendaftar Calon Mahasiswa Internasional
Calon Mahasiswa Internasional Kampus Muhammadiyah.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Ada 1.411 mahasiswa asing dari 59 negara tercatat mendaftar sebagai calon mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada penerimaan mahasiswa baru UMY tahun ini. Hal ini tentu menjadi capaian luar biasa bagi kampus dengan slogan ‘Muda Mendunia’ ini. Di tengah pandemi Covid-19, UMY menarik perhatian calon mahasiswa asing untuk kuliah di UMY.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Yordan Gunawan, Kepala Kantor Kerjasama Internasional UMY pada hari Rabu (15/6) di Menteng, Jakarta.

Ia menjelaskan bahwa ada kenaikan lebih dari seratus persen pendaftar mahasiswa asing dari tahun sebelumnya. ”Alhamdulillah di tahun 2022, pendaftar mahasiswa asing ini meningkat tajam, kalau di tahun 2019 jumlah pendaftar 190 calon mahasiswa, tahun 2021 meningkat menjadi 601 mahasiswa asing yang mendaftar dari 49 negara. Dan pada tahun ini mencapai 1411 mahasiswa asing yang mendaftar UMY dari 59 negara,” jelasnya.

Yordan juga menambahkan bahwa mahasiswa asing terbanyak yang mendaftar ke UMY berasal dari negara Afganistan sebanyak 245 orang, Angola sebanyak 129 orang, Yaman sebanyak 90 orang, Pakistan dan Nigeria sekitar 60 orang.

“Untuk sementara negara lainnya masih banyak termasuk dari Amerika Serikat, Turki, Tunisia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Rusia, Polandia juga masih banyak yang mendaftar. Peningkatan banyaknya mahasiswa asing yang mendaftar di UMY juga merupakan salah satu bentuk ketercapaian UMY bereputasi Internasional,” tambahnya.

Pihaknya pun menargetkan agar ada peningkatan dalam peminatan mahasiswa asing yang mendaftar di UMY. ”Oleh karena itulah, kami kemudian menggelar Ambassador Gathering yang akan digelar pada hari Kamis 16 Juni 2022, di Gedung Pimpinan Pusat Muhammadiyah Menteng, Jakarta. Acara ini bertujuan untuk memberikan informasi terbaik kepada perwakilan kedutaan negara yang hadir terkait UMY. Kemudian juga sebagai bentuk komunikasi antara kampus dengan kedutaan terkait mahasiswa asing yang menanyakan kondisi kampus yang dituju, serta memastikan mahasiswa asing yang akan masuk di UMY bersih dari masalah kriminal, dan lain-lain. Karena kemudian hari kita akan berurusan dengan kedutaan negara dari mahasiswa asing berasal,” paparnya.(Md)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini