Gaji ke-13 PNS Cair Dua Pekan Lagi, Ini Besarannya

0
429
Gaji ke-13 PNS Cair Dua Pekan Lagi, Ini Besarannya
Ilustrasi.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) Kementerian Keuangan memastikan pencairan gaji ke-13 Aparatur Sipil Negara (ASN) termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) cair pada Juli 2022. Artinya hanya tersisa dua pekan lagi.

Berdasarkan Permenkeu dan PP gaji ke-13 cair pada bulan Juli 2022 mendatang. Maka dari itu, PNS silakan mengecek rekening masing-masing.

“Kita akan bayarkan pada bulan Juli,” ungkap Isa Rachmatarwata, Dirjen Anggaran saat ditemui di Gedung DPR, Jumat (17/6/2022)

Besaran gaji ke-13 sama seperti Tunjangan Hari Raya (THR). Seperti yang tertera dalam PMK Nomor 5 tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian THR dan gaji ke-13.

“Sama seperti THR,” imbuhnya.

Dalam PMK tersebut, gaji ke-13 akan diberikan berdasarkan komponen gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan dan tunjangan jabatan, serta 50% tunjangan kinerja.

Menurut Sri Mulyani, pemerintah sudah menyiapkan anggaran untuk disalurkan kepada PNS dan pensiunan.

“PNS yang berada di daerah baik, PNS maupun PPPK, jumlahnya adalah sebesar Rp 15 triliun yang mana akan dibayar dari sumber dana alokasi umum,” kata Sri Mulyani di kanal YouTube Menkeu RI, belum lama ini.

Selain dana alokasi umum pembayarannya akan diambil atau ditambah dari APBN TA 2022 sesuai kemampuan fiskal masing-masing daerah. Anggaran juga disediakan dalam BUN senilai Rp 9 triliun bagi para pensiunan.

“Sama seperti THR,” ujar Sri Mulyani.

Seperti diketahui Gaji ke-13 terhadap Aparatur Sipil Negara yang meliput PNS, Calon PNS, PPPK, prajurit TNI, anggota Polri, dan pejabat negara. (Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini