Sosialisasikan Aplikasi ‘Lindungi Hakmu’, KPU Denpasar Coret 3.510 Pemilih dalam Rakor DPB Triwulan II

0
285
Sosialisasikan Aplikasi ‘Lindungi Hakmu’, KPU Denpasar Coret 3.510 Pemilih dalam Rakor DPB Triwulan II
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Denpasar menggelar Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) Triwulan II Tahun 2022 di lantai III Aula KPU Denpasar. Rabu (29/6/2022).
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Denpasar menggelar Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) Triwulan II Tahun 2022 di lantai III Aula KPU Denpasar, Rabu (29/6/2022).

Rakor kali ini dipadati oleh para Stakeholder, mulai Pimpinan Partai Politik, Bawaslu, hingga Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Denpasar.

Rapat Koordinasi dibuka oleh Ketua Kota Denpasar, I Wayan Arsa Jaya, dia menyampaikan tentang maksud diadakannya pertemuan ini yang sudah masuk pada tahapan pemilu tahun 2024 dalam sambutannya.

“Rapat Koordinasi ini rutin kita adakan setiap tiga bulan dan pada intinya kami ingin mendengar masukan dari para stakeholder terkait pemutakhiran data pemilih agar lebih baik lagi ke depannya, apalagi menghadapi Pemilu 2024”, ujar Arsa Jaya.

Selanjutnya, Rapat dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh oleh Anggota Divisi Data dan Informasi KPU Kota Denpasar, Dewa Ayu Sekar Anggaraeni. Dalam pengantarnya, Sekar Anggaraeni menyampaikan tentang tujuan diadakannya pemutakhiran DPB ini.

“Tujuan diadakannya pemutakhiran DPB ini diantaranya adalah untuk memelihara, memperbaharui dan mengevaluasi DPT Pemilu/Pemilihan terakhir secara terus menerus yang digunakan untuk penyusunan DPT pada Pemilu/Pemilihan berikutnya”, jelas Sekar Anggaraeni.

Rapat kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama Stakeholder. Salah seorang peserta rapat sekaligus Wakasat Intelkam, AKP I Made Dayendra menyampaikan apresiasi terkait pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan yang dilaksanakan KPU Kota Denpasar.

“Terima kasih, untuk pertemuan saat ini kita lihat banyak parpol yang mengikuti kegiatan kali ini dan seluruh stakeholder sudah banyak yang mengapresiasi kegiatan ini, dan memang kita butuh konsolidasi dalam pencermatan Daftar Pemilih Berkelanjutan”, kata Made Dayendra.

Dalam kesempatan ini, Sekar Anggaraeni juga mensosialisasikan kepada para Stakeholder terkait aplikasi ‘Lindungi Hakmu’. Sekar Anggaraeni berharap agar Stakeholder dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk mengecek data diri dan keluarga apakah sudah terdaftar atau belum.

“Bapak dan Ibu dapat mengecek data diri dan keluarga masing-masing apakah sudah terdaftar atau belum, apabila belum atau ada data yang keliru dapat juga memberi tanggapan melalui aplikasi ini”, tutur Sekar Anggaraeni.

Anggota KPU Kota Denpasar, Dewa Ayu Sekar Anggaraeni, dalam kesempatan ini membacakan hasil perkembangan data di bulan Juni 2022 atau triwulan kedua.

“Untuk DPB triwulan kedua: Jumlah laki-laki 215.085 (dua ratus lima belas delapan puluh lima), Jumlah perempuan 221.194 (dua ratus dua puluh satu serratus Sembilan puluh empat), Total 436.279 (empat ratus tiga puluh enam dua ratus tujuh puluh sembilan). Untuk pemilih TMS laki-laki 1658 (seribu enam ratus lima puluh delapan), perempuan 1852 (seribu delapan ratus lima puluh dua) total 3.510 (tiga ribu lima ratus sepuluh). Pemilih baru Total 233 (dua ratus tiga puluh tiga), laki-laki 89 (delapan puluh sembilan),  perempuan 149 (serratus empat puluh Sembilan), jumlah DPB Triwulan pertama laki-laki 216.654 (dua ratus enam belas ribu enam ratus lima puluh empat) perempuan 222.902 (dua ratus dua puluh dua Sembilan ratus dua) total 439.556 (empat ratus tiga puluh Sembilan lima ratus lima puluh enam), itu yang sudah kami himpun dan perkembangannya cukup dinamis”, jelas Sekar Anggaraeni.

Di akhir acara, Sekar Anggaraeni berharap agar para Stakeholder dapat terus membantu KPU khususnya baik dalam proses pemutakhiran DPB sehingga menghasilkan data pemilih yang berkualitas.(Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini