Kembangkan Wisata Halal, Menparekraf Sandiaga Gandeng Jaringan Wisata Muhammadiyah

0
420
Kembangkan Wisata Halal, Menparekraf Sandiaga Gandeng Jaringan Wisata Muhammadiyah
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno bersilaturahmi ke Kantor PP Muhammadiyah di Jogja, Jumat (1/7/2022).
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menemui pengurus jaringan wisata Muhammadiyah di Kantor PP Muhammadiyah, Yogyakarta, Jumat (1/7/2022).

“Ada beberapa hal penting, pertama kami membicarakan tentang pengembangan wisata halal dan kegiatan-kegiatan ekonomi yang menyangkut hajat hidup rakyat,” kata Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir seusai pertemuan dengan Sandiaga Uno.

Haedar menuturkan bahwa Muhammadiyah memang memiliki perhatian khusus terhadap wisata halal dengan menjadikan program itu bukan hanya untuk Umat Islam saja, melainkan mampu menyejahterakan masyarakat secara umum.

“Bagaimana wisata halal bukan hanya menyangkut Umat Islam tetapi ini jadi kegiatan wisata untuk hajat hidup umum,” katanya.

Menurut dia, Muhammadiyah dengan berbagai lembaga pendidikan yang dimiliki dapat mengerahkan ratusan ribu pengunjung untuk membangkitkan dunia pariwisata.”Murid, siswa, mahasiswa sudah ratusan ribu. Untuk wisata saja sudah luar biasa,” tutur dia.

Haedar juga berharap Muhammadiyah dapat berkolaborasi dengan Kemenparekraf untuk membuat UMKM serta pelaku ekonomi kreatif jadi unggulan.Sementara itu, Menparekraf Sandiaga berharap silaturahim dengan para pelaku ekonomi Muhammadiyah menjadi langkah strategis untuk membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sementara itu, Sandiaga Uno menjelaskan, dari pertemuan itu, Muhammadiyah dan Kemenparekraf sepakat untuk menciptakan lapangan kerja yang bisa menyerap jutaan tenaga kerja.

“Kami bersepakat kebangkitan bahwa potensi kebangkitan ekonomi kita penciptaan lapangan kerja bisa. Bagaimana kita bisa membantu masyarakat yang sangat membutuhkan ukuran tangan, meningkatkan penghasilan mereka,” jelasnya.

Saat ini, lanjut Sandi, menjadi kebangkitan ekonomi Indonesia. Apalagi, saat ini ada 34 juta masyarakat Indonesia yang menggantungkan hidupnya dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Momentum kebangkitan ekonomi kita terjaga. Ada 34 juta masyarakat Indonesia yang menggantungkan hidupnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Tahun ini kita kejar target menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru,” katanya.

Penciptaan lapangan kerja ini, Sandi berharap, kerja sama dengan Jaringan Wisata Muhammadiyah (JWM) bisa segera terealisasi.

“Kerja sama bisa kita finalkan JWM dengan tim teknis Kementerian. Kita harapkan bisa langsung diwujudkan dalam konkret nyata dalam bentuk investasi maupun kegiatan yang bisa dirasakan oleh masyarakat,” imbuhnya.(R)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini