Sukseskan Pemilu 2024, KPU Gelar Sosialisasi di Denpasar Selatan

0
300
Sukseskan Pemilu 2024, KPU Gelar Sosialisasi di Denpasar Selatan
KPU Kota Denpasar mulai melakukan sosialisasi Pemilu 2024 ke para Perbekel dan lurah di Kecamatan Denpasar Selatan, Jum’at (1/7/2022).
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Denpasar mulai melakukan sosialisasi Pemilu 2024 ke para Perbekel dan lurah di Kecamatan Denpasar Selatan. Hal itu dilakukan mengingat tahapan pemilu 2024 sudah diluncurkan pada tanggal 14 Juni 2022.

Dalam sosialisasi tersebut dihadiri Camat Denpasar Selatan I Made Sumarsana, Anggota Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kota Denpasar Subro Mulissyi, Divisi Parmas dan SDM KPU Kota Denpasar Ni Ketut Dharmayanti Laksmi serta Anggota Bawaslu Kota Denpasar I Nyoman Gede Putra Wiratma.

Anggota Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Denpasar Subro Mulissyi dalam pemaparan materinya mengatakan, pada tanggal 14 Februari 2024, Negara Indonesia melaksanakan Pemilihan serentak untuk memilih Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten maupun Kota.

Subro Mulissyi mengatakan tahapan besar yang akan berjalan di Tahun 2022 ini, antara lain pendaftaran dan verifikasi Partai Politik (Parpol), hingga pemuktahiran dan penyusunan data pemilih serta rekrutmen badan adhoc.

“Termasuk penetapan daerah pemilihan, dan beberapa kegiatan besar yang akan dilaksanakan di tahun ini,” ujar Lizi sapaan akrabnya, Jum’at (1/7/2022).

Dia menyampaikan, tahapan Pemilu 2024 yang sudah digelar sejak 14 Juni 2022 yang lalu. Dalam sosialisasi ini, ia menyampaikan gambaran tahapan pemilu 2024, yang tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022.

Dalam PKPU No 3 Tahun 2022 tersebut, pemuktahiran data pemilih dan penyusunan data pemilih akan berlangsung sejak 14 Oktober 2022 hingga 21 Juni 2023 mendatang.

Sementara pendaftaran dan verifikasi Parpol, akan berlangsung pada 29 Juli 2022 hingga 13 Desember 2022 dan rekruitmen badan ad hoc sekitar mulai Oktober 2022.

“Kemudian penetapan peserta pemilu 14 Desember 2022, kampanye 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024. Dilanjutkan hari pemungutan suara Pemilu 2024, pada 14 Februari 2024,” jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Camat Denpasar Selatan I Made Sumarsana mengungkapkan sejarah perjalanan pelaksanaan pemilu di Denpasar Selatan selalu berjalan dengan baik, aman dan kondusif. Kendati demikian, ia juga tak memungkiri ada dinamika yang mewarnainya.

“Saya yakin pemilu di Denpasar Selatan akan terus mengulang sejarah baiknya, yang selalu aman dan kondusif. Kami akan terus mendorong jajaran KPU untuk melaksanakan pemilu yang demokratis,” ungkapnya.

Ia mengatakan pemilu yang akan dilaksanakan nantinya adalah pemilu serentak yang sangat berat yang harus disukseskan bersama sama. Untuk itu, pihaknya menyatakan akan turut serta menyukseskan seluruh tahapan pemilu yang dilaksanakan KPU.

“Dan ini harus kita persiapkan, selain itu diminta kepada seluruh Perbekel dan Lurah di Denpasar Selatan serta masyarakat untuk dapat menyukseskan gelaran demokrasi di Indonesia khusunya di Denpasar Selatan”, Katanya saat menyampaikan sambutan dalam sosialisasi tersebut.

Sementara itu, Ketua KPU Denpasar I Wayan Arsa Jaya berharap kepada media di wilayah setempat agar dapat menyampaikan informasi tentang tahapan Pemilu 2024 secara masif kepada masyarakat.

“Kami berterima kasih dengan peran media, karena kami sangat terbantu sehingga masyarakat tahu dengan tahapan pemilu,” tutupnya.(Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini