Pakar: Akan Ada 4 Poros Koalisi Parpol pada Pemilu 2024

0
969
Pakar: Akan Ada 4 Poros Koalisi Parpol pada Pemilu 2024
Ilustrasi Proros koalisi pada pilpres 2024.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Pengamat Politik Ujang Komarudin memprediksi akan ada empat poros koalisi partai politik (parpol) di Pemilu 2024. Dengan begitu, kata Ujang, Pilpres 2024 berpotensi terjadi dua putaran.

“Suara pemilih akan menyebar ke empat pasang calon presiden pada perhelatan pemilihan presiden tahun 2024 nanti,” kata Ujang, Minggu (3/7/2022).

Ujang juga memberikan pesan kepada para elite politik untuk bijaksana dalam membangun koalisi. “Kami meminta kepada elite untuk menjaga kesadaran agar mereka tidak membangun black campaign dan saling membusuk-busukkan lawan,” kata Ujang.

Dia menilai empat poros politik itu bisa terbentuk pertama dari Partai Golkar, PAN, dan PPP yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang mana sudah mulai ditindak lanjuti oleh pengurus daerah guna mensosialisasikan poros KIB.

Poros kedua yakni koalisi NasDem, Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang dimotori Surya Paloh, SBY dan Jusuf Kalla.

Poros ketiga, koalisi Partai Gerindra dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Seperti diketahui, Gerindra bertemu kembali dengan PKB pada Kamis 30 Juni 2022.

Pertemuan tersebut disebutkan untuk membahas dikatakan untuk membahas soal Pilpres 2024.

Sayangnya, dalam pertemuan teraebu itu Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar ikut berkunjung.

Keempat, PDI Perjuangan yang jumlah kursinya saat ini mencukupi untuk mengusung pasangan calon pada Pilpres 2024.(Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini