Korsleting Listrik, Kantor KPU Tana Tidung Kaltara Terbakar

0
2487
Korsleting Listrik, Kantor KPU Tana Tidung Kaltara Terbakar
Kondisi Kantor KPU Tana Tidung yang terbakar.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara mengalami kebakaran sekitar pukul 19.01 WITA. Kebakaran terjadi diduga akibat konsleting arus listrik.

Komisioner KPU Hasyim Asy’ari mengatakan proses evakuasi dokumen milik KPU dan partai politik sedang berlangsung.

“Saat ini KPU Tana Tidung Kaltara kena musibah kebakaran, saat ini sedang proses evakuasi berkas sedang berlangsung,” kata Hasyim melalui keterangan tertulis, Rabu (10/8/2022).

Sementara itu, salah seorang pegawai KPU Tana Tidung, Ali Asgar mengatakan saat terakhir dirinya di Kantor KPU kondisi kantor belum terjadi apa-apa hingga semua pegawai KPU usai bekerja.

“Pas kami piket tidak terjadi apa-apa. Bahkan tidak ada tanda-tanda kebakaran,” kata Ali.

Namun saat menjelang magrib, Ali yang masih standby untuk menjaga Kantor KPU Tana Tidung malah mengalami hal yang janggal, di mana kondisi listrik di Kantor KPU mengalami hidup mati berulang kali.

“Jadi pas mati-hidup itu, saya lagi mengecas HP dan masih merasa normal. Hingga akhirnya listrik mati total dan tidak hidup lagi. Setelah itu saya keluar dan ternyata sudah ada api yang berkobat,” ujarnya.

Menurut Ali posisi api pertama kali terlihat di bagian ruang keuangan Kantor KPU, setelah itu api dengan cepat menjalar dan membakar hampir seluruh bangunan pertama KPU.

“Karena bangunan terbuat dari semi kayu jadi cepat membesar apinya dan ada 3 ruangan yang terbakar dalam peristiwa ini,” jelasnya.

Besarnya api yang membakar diakui Ali membuatnya tidak bisa menyelamatkan berkas-berkas berharga milik KPU Tana Tidung termasuk sejumlah barang elektronik yang ada di ruang keuangan.

“Barang elektronik dan 2 buah kunci mobil terbakar di dalam ruangan itu, karena ruangan itu sudah terkunci saat kebakaran terjadi,” lanjutnya lagi.

“Dari apa yang saya lihat, kebakaran ini kemungkinan terjadi karena korsleting listrik, karena sebelum kebakaran kondisi listrik sempat mati-hidup,” pungkasnya.

Untuk data sementara ruangan yang terbakar :
1. Ruang keuangan
2. Ruang umum
3. Ruang perencanaan data dan informasi
4. Ruang teknis penyelenggaraan
5. Gudang logistik
6. Ruang rapat. (Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini