Isu Penjegalan Anies Maju Pilpres 2024, Begini Tanggapan Sekjen NasDem

0
2118
NasDem: Kalau PD Memaksa AHY Jadi Cawapres Anies, Koalisi Pasti Bubar
Anies Baswedan Bersama Surya Paloh.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Sekretaris Jenderal Partai NasDem, Johnny G Plate, mempertanyakan pihak yang berusaha mencegah maupun tidak mencegah Anies Baswedan maju sebagai calon presiden (capres) 2024. Menurutnya, tiap figur memiliki pihak yang pro dan kontra.

“Siapa yang berusaha mencegah dan siapa yang tidak mencegah? Semua ada pro dan kontra, itu dinamika politik yang sehat,” kata Johnny saat dihubungi, Sabtu (3/9/2022).

Isu penjegalan Anies untuk nyapres bermula dari cuitan Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrat, Andi Arief, pada Minggu, 28 Agustus 2022 lalu. Ia mengatakan mendengar adanya upaya untuk menjegal koalisi yang mencalonkan Anies.

Sebagai partai yang memasukan Anies sebagai kandidat capres, Johnny mengatakan NasDem akan mendengarkan semua pihak, baik yang mendukung maupun menolak. Menurutnya, hal tersebut bagian dari proses dan dinamika politik yang mestinya dihormati.

“Semua didengar, yang kontra alasannya apa? Misal Pak Anies, ada yang pro dan kontra, Ganjar ada pro dan kontra, Andika ada pro dan kontra, demikian pula calon yang di luar hasil rapat kerja nasional (rakernas) NasDem,” kata dia.

Sebelumnya, NasDem mengumumkan tiga nama kandidat capres dalam gelaran rakernas pada medio Juni 2022 lalu. Ketiga nama tersebut yakni Anies Baswedan, Andika Perkasa, dan Ganjar Pranowo.

Johnny memastikan hingga saat ini pertimbangan kandidat capres masih berpegang pada ketiga nama tersebut. NasDem, kata dia, masih akan menggodok dengan memperhatikan syarat kualifikasi dan analisa elektoral. Nantinya, kandidat capres pilihan NasDem akan diumumkan langsung oleh ketua umum partai, Surya Paloh.(Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini