JPPR Bali Soroti Tahapan Seleksi Panwascam di Pemilu 2024

0
636
JPPR Bali Soroti Tahapan Seleksi Panwascam di Pemilu 2024
Koordinator Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Provinsi Bali Ardi Pratama Mega Putra.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Pemilu tahun 2024 memasuki tahapan perekrutan lembaga adhoc Panitia Pengawas Kecamatan, JPPR Provinsi Bali sampaikan beberapa poin.

Hal tersebut di sampaikan oleh Koordinator Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Provinsi Bali Ardi Pratama Mega Putra, Ia menyampaikan bahwa tahapan perekrutan Panitia adhoc Panwascam ini sangat lah penting.

Mengingat Panwascam memiliki peran yang cukup strategis dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai lembaga pengawas.

Ia menyampaikan agar Bawaslu dapat memperhatikan tahapan ini dengan penuh profesionalitas sehingga Para Panwascam yang terpilih adalah panwascam yang ideal melalui proses seleksi yang baik, “Kita mengetahui, bahwa panwascam ini kan punya peran yang strategis, dan harapan kami ada transparansi berkaitan hal ini,” Ujar Ardi sapaan akrabnya di Denpasar (26/9/2022).

“Terutama di tingkat kecamatan dalam melaksanakan tugas nya yaitu melaksanakan pengawasan maka kita berharap proses seleksi ini dapat dilaksanakan dengan baik” pungkasnya.

Selain itu, Ardi juga menyampaikan agar pelaksanaan seleksi ini dapat memperhatikan aksesibilitas keterlibatan perempuan berdasarkan regulasi.

” Jika kita perhatikan menurut UU nomor 7 tahun 2017 pasal 92 ayat 11 bahwa keterlibatan perempuan minimal 30% itu menjadi penting” ungkapnya.

Ia menyampaikan bahwa sosialisasi secara masif kepada masyarakat juga menjadi penting, agar khususnya keterlibatan perempuan ini dapat memenuhi syarat.

Selain itu ia sampaikan Bawaslu Kabupaten/Kota atau Bawaslu Provinsi dapat saja membuka kembali rentang waktu pendaftaran agar di perpanjang dan memberi ruang kepada perempuan dalam proses seleksi.

“Selain keterwakilan perempuan, kami juga mengingatkan agar Bawaslu lebih jeli terhadap peserta seleksi, utamanya terkait netralitas dan afiliasi,” ujarnya.

Terakhir, tambah Ardi, pihaknya mengajak seluruh masyarakat agar ikut berpartisipasi aktif dalam pengawasan penyelenggaraan Pemilu 2024 di semua tahapan.(Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini