Pilpres 2024 Pasti Diikuti Minimal 3 Capres: Prabowo, Anies, dan Puan, Kalau Ganjar Jadi Penonton Aja

0
831
Pilpres 2024 Pasti Diikuti Minimal 3 Capres: Prabowo, Anies, dan Puan, Kalau Ganjar Jadi Penonton Aja
Puan Maharani, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Pengamat politik Hendri Satrio mengatakan bahwa Pilpres 2024 hampir dipastikan bakal diikuti tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Hal ini menyusul telah dideklarasikannya Anies Baswedan sebagai Capres 2024 oleh Partai NasDem.

“Capresnya itu ya Prabowo Subianto, Puan Maharani, dan Anies Baswedan,” ungkap Hensat sapaan akrabnya, Kamis (6/10/2022).

Dia menyebut, ketiga nama ini telah mempunyai tiket elektoral. Sebagaimana diketahui, Prabowo yang merupakan Ketua Umum Gerindra sudah dipastikan bakal maju. Saat ini Gerindra sudah menjalin komunikasi politik dengan PKB.

Hensat menilai, terlepas siapa nama bakal calon wakil presiden Prabowo, Gerindra dan PKB sudah memenuhi syarat elektoral sebesar 23,66 persen atau lebih dari 20 persen perolehan kursi minimal yang disyaratkan.

Lebih lanjut, dia mengatakan, hal serupa juga terjadi pada Anies Baswedan yang resmi diusung Partai NasDem. Meski NasDem sendiri belum memenuhi syarat elektoral, tetapi Partai Demokrat dan PKS yang sejak lama sudah menjajaki Anies, besar kemungkinan akan bergabung.

Jika PKS-NasDem-Demokrat berkoalisi maka akan memperoleh 28,35 persen suara.

Nama Puan Maharani juga santer dikabarkan menjadi Capres PDIP. Ya, meskipun keputusan resmi nama Capres menunggu pengumuman dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, tetapi publik tahu bahwa Puan sudah mendapat restu dari Megawati.

PDIP sendiri sudah memenuhi syarat minimal pencalonan presiden, yakni 22,26 persen suara.

“Peluang Ganjar di mana? Ya dia enggak bisa maju kalau PDIP putuskan Puan. Apakah mau dicalonkan dari KIB, belum tahu. Atau mau dicalonkan dari PSI? Partainya lolos aja enggak kan?” ucap Hensat.

Pendiri Lembaga Survei KedaiKOPI ini menjelaskan, jika Ganjar mau maju paling rasional dari PDIP. Namun, menurutnya, suasana kebatinan kader PDIP lebih cenderung mendukung Puan Maharani ketimbang Ganjar.(Pol)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini