Vitamin C Ampuh Cegah Batuk Pilek? Begini Penjelasannya

0
285
Vitamin C Ampuh Cegah Batuk Pilek? Begini Penjelasannya
Vitamin C.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Vitamin C dikenal luas bisa menjaga imunitas seseorang. Namun, apakah vitamin C ampuh mencegah batuk pilek? Kamu bisa menjaga integritas epitel atau permukaan yang menghentikan kontaminan eksternal memasuki tubuh kita, seperti kulit dan dinding usus.

Vitamin C bisa membantu melindungi kulit dari patogen dengan memperkuat strukturnya dan meningkatkan kemampuannya untuk mengikat radikal bebas.

Lalu, vitamin ini juga bisa meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk mendeteksi dan menghancurkan mikroba sebelum mereka mulai membahayakan kesehatan.

Namun, menurut tinjauan sistematis dalam Cochrane, tidak ada bukti suplementasi vitamin C mengurangi pilek pada populasi umum.

Meskipun begitu, vitamin C bisa berguna bagi orang-orang yang mengalami periode singkat latihan fisik. Olahraga yang intens secara signifikan meningkatkan stres oksidatif yang dapat melemahkan penghalang epitel dan meningkatkan kemungkinan terkena infeksi.

Selain itu, vitamin C juga bisa membantu meningkatkan produksi dan proliferasi limfosit B dan T. Limfosit B membuat antibodi, yakni protein yang mengikat bakteri dan virus.

Proses tersebut membantu sistem kekebalan tubuh mengidentifikasi mereka sebagai benda asing. Kemudian, Limfosit T berfungsi untuk menghancurkan benda asing yang tidak diinginkan.

Dengan kata lain, secara teori, vitamin C seharusnya membantu tubuh mempersingkat durasi dan meringankan gejala flu biasa, tetapi tidak mencegah batuk dan pilek. (Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini