Wow! Muhammadiyah Bakal Beli Gereja di Spanyol Seharga Rp45 Miliar, Kembalikan Fungsinya jadi Masjid

0
2004
Wow! Muhammadiyah Bakal Beli Gereja di Spanyol Seharga Rp45 Miliar, Kembalikan Fungsinya jadi Masjid
Gereja.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur (PWM Jatim) berencana membeli sebuah gereja di Spanyol. Ke depan, bangunan ibadah itu akan dikembalikan fungsinya sebagai masjid.

Rencana itu terungkap tatkala PWM Jatim menggelar konferensi virtual pada Sabtu (5/11/2022) lalu. Ketua Umum PWM Jatim, Kiyai Saad Ibrahim mengatakan, pihaknya berencana untuk membeli sebuah gereja tua di Kota Alcala, Spanyol. Kota itu dapat ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit dengan berkendara dari Ibu Kota Madrid.

“Semoga ini menjadi gerakan bagi kita semua agar dapat terwujud melalui kita,” kata Kiyai Saad dalam keterangannya seperti dikutip, belum lama ini.

Saad mengatakan, gereja yang tidak disebutkan namanya itu dulunya adalah sebuah masjid. Rumah ibadah itu berdiri di atas tanah seluas sekitar 3.000 meter persegi dan dijual dengan harga sekitar 3 juta euro.

“Kami sedang dalam proses negosiasi dengan pengelola tempat ibadah. Mereka menawarkan harga sekitar 3 juta euro atau sekitar 45 miliar rupiah,” ujarnya kepada This Week in Asia.

Menurut Saad, gereja itu dijual karena parokinya telah menyusut menjadi 15 orang saja.

Kepada salah satu media di Tanah Air, Minggu (6/11/2022) lalu, Saad pun mengaku sangat tersentuh dengan penemuan situs sejarah Muslim di negeri matador.

Pada masa silam, beberapa wilayah di Spanyol dan Portugal memang pernah menjadi bagian dari peradaban Islam semasa pemerintahan Kekhalifahan Umayyah, Emirat Cordoba, dan beberapa kerajaan Islam lainnya.

“(Di Spanyol) dulu ada sekitar 800 masjid di sana (di bawah kekhalifahan). Sekarang hanya tinggal beberapa, mungkin tidak lebih dari 10. Jadi kami sangat tersentuh (ketika kami menemukan) bahwa ada bekas bangunan masjid yang terbengkalai,” kata Kiyai Saad.

Ini juga bukan pertama kalinya Muhammadiyah memperluas kehadirannya di luar Indonesia. Pada Desember lalu, organisasi yang didirikan KH Ahmad Dahlan itu meluncurkan sekolah dasar di Australia, yaitu Muhammadiyah Australia College yang terletak di Negara Bagian Victoria. Sebelumnya, sekolah itu merupakan sekolah Katolik.(Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini