Refly Harun Sebut Anies-Puan Pasangan Serasi dan Berpeluang Menang di Pilpres 2024

0
420
Refly Harun Sebut Anies-Puan Pasangan Serasi dan Berpeluang Menang di Pilpres 2024
Anies Baswedan bersama Puan Maharani.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Pegiat Literasi Tifauzia Tyassuma alias Dokter Tifa mengatakan sosok yang cocok menjadi wakil Anies Baswedan adalah Puan Maharani.

“1 tahun ini kerja keras lobby Puan untuk mau jadi RI 2. Itu satu-satunya kesempatan untuk Anies. Lain dari itu NOL,” pungkasnya.

Menanggapi hal tersebut, ahli hukum tata negara dan pengamat politik Indonesia Refly Harun mengatakan jika analisi ini tidak sepenuhnya salah, karena jika dianalisis lebih dalam keduanya memang memiliki kekuatan yang besar.

“Coba kita lihat ini kalau misalnya Demokrat dan PKS tidak bisa (bergabung) dengan Nasdem, apakah kemudian kita beralih kepada alternatif lain?,” ungkap Refly melalui youtube channelnya, Senin (14/11/22).

“Nah alternatif lain ini adalah ya kan dengan merayu Puan Maharani sebagai wakil presidennya Anies Baswedan. Menurut dokter Tifa ya, Puan Maharani adalah satu-satunya jalan bagi Anies Baswedan untuk memenangkan kontestasi capres-cawapres,” tambanya.

Menurut dia, saat mendengar nama pasangan ini, masyarakat jangan skeptis dulu sebab jika Anies bisa pertahankan masanya kemudian Puan bisa mempertahankan masa PDIPnya, mereka akan menjadi kekuatan yang dahsyat.

“Nah bagi Puan Maharani jangan-jangan Ini juga jalan ya untuk menghindari kekuasaan PDIP di captures ya oleh duo Ganjar dan Jokowi atau Jokowi-Ganjar,” jelasnya.

“Karena tidak ada jaminan ketika Megawati memilih step down ya, mundur karena memang sudah uzur usianya,” tambahnya.

Namun Refly menyadari, tentu tidak mudah ya untuk menyatukan Anies dan Puan walaupun mereka sempat menunjukkan kemesraan sebentar ya ketika Puan hadir di formula E.

“Puan coba membuka komunikasi dengan Anies Baswedan mengatakan bahwa komunikasi mereka baik-baik saja tapi penghalang utamanya adalah Hasto Christianto, sang Sekjen yang selalu melakukan serangan-serangan, baik kepada Anis dan sekarang kepada kubu Nasdem,” jelas dia.

Sepertinya Hasto, kata Refly termasuk yang paling garis keras tidak mau Puan bersatu dengan Anies misalnya, dari awal-awal dia sudah mengatakan tidak ingin apa bekerjasama dengan Demokrat dan PKS.

“Mungkin pertanyaannya adalah, kok Puan nomor 2 (jadi wakil presiden) padahal yang punya kereta itu PDIP bukan Anies Baswedan?” ungkapnya.

Sederhananya, menurut Refly, Anies adalah orang non partai jadi dia tokoh yang elektabilitas popularitasnya lebih tinggi, lebih kuat dibandingkan Puan Maharani.

Karena kalau dibalik, Puan-Anies mungkin Anies nggak mau karena peluang menangnya tidak ada tapi kalau Anies-Puan peluang menang itu masih besar.

“Lalu, kenapa Anies membutuhkan Puan? Sebenarnya sederhananya adalah capacity to win, ya mungkin Puan tidak punya pengalaman yang banyak untuk caption itu govern tapi capacity to United yaitu tergantung Megawati,” jelasnya.

Menurut dia, kalau Megawati masih kuat di belakang layar capacity to united akan sangat besar. Dan akan memberikan dukungan besar pada pasangan Anies-Puan.(Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini