Manfaat 6 Jenis Air Rebusan Daun ini Ternyata Dahsyat, Bikin Kolesterol Jahat Rontok

0
912
Manfaat 6 Jenis Air Rebusan Daun ini Ternyata Dahsyat, Bikin Kolesterol Jahat Rontok
Rebusan Daun Sirih.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Seperti diketahui, kolesterol tinggi terjadi ketika lemak kolesterol menumpuk terlalu banyak di dalam darah. Kolesterol tinggi biasanya disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak, kurang olahraga, kelebihan berat badan hingga kebiasaan merokok dan minum alkohol.

Selain mengonsumsi obat yang tersedia di apotek, ternyata banyak herbal jenis rebusan daun yang baik untuk turunkan kadar kolesterol.

Sejumlah ramuan dari rebusan air dan daun terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Berikut 6 air rebusan yang ternyata ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol seperti dilansir dari kanal YouTube Sehat Secara Alami, Kamis (29/12/2022):

  1. Air Rebusan Daun Kelor

Hasil penelitian telah membuktikan bahwa rutin mengonsumsi daun kelor dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Seperti diektahui, daun kelor mengandung lemak yang sangat rendah dan tidak memiliki kolesterol berbahaya.

Menurut penelitian, daun kelor kaya akan senyawa yang menyehatkan, antara lain vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, folat, kalsium, kalium, besi, magnesium, fosfor, dan seng.

  1. Air Rebusan Daun Sirsak

Hasil penelitian berjudul potensi ekstrak air daun sirsak sebagai penurun kolesterol dan pengendali bobot badan 2016, menunjukkan adanya keterkaitan antara konsumsi air rebusan daun sirsak dengan penurunan kadar kolesterol dalam tubuh.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa ekstrak air daun sirsak memiliki efek mengendalikan berat badan dan kolesterol darah, efek terhadap kolesterol darah serupa dengan simvastatin.

Selain itu, ekstrak air daun sirsak mengandung plafonnoid yang mempunyai efek penghambat enzim Hm G Ko A reduktase, serupa dengan mekanisme kerja simvastatin dalam menurunkan kadar kolesterol darah.

  1. Air Rebusan Daun Serai

Menurut sebuah artikel dalam jurnal of edupanese farmasetikal teknologi and research, membuktikan bahwa mengonsumsi ekstrak serai dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

Kendati demikian, penelitian ini berbasis pada hewan dan belum ada studi lebih lanjut mengenai manfaat serai untuk kolesterol pada manusia.

  1. Air Rebusan Daun Sirih

Protein atau kolesterol jahat sejumlah studi menemukan bahwa manfaat daun sirih dapat membantu menurunkan level kolesterol, total trigliserida dan LDL. Selain itu, daun sirih juga membantu meningkatkan kadar high density protein atau kolesterol baik.

  1. Air Rebusan Daun Alpukat

Studi penelitian menyebutkan bahwa air rebusan daun alpukat mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Penelitian tersebut menganalisis pengaruh pemberian ekstrak daun alpukat dan biji alpukat dalam bentuk kombinasi terhadap kolesterol total, LDL dan HDL pada tikus hiperkolesterolemia yang diinduksi tinggi lemak dan kuning telur bebek.

Hasilnya, kombinasi ekstrak daun dan biji alpukat pada semua kelompok pelapukan terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL.

  1. Air Rebusan Daun Kari

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Amerika Jurnal Of chinese medicine menunjukkan, bahwa ekstrak daun kari berkhasiat untuk menurunkan kolesterol dan gula darah.

Namun, penelitian tersebut dilakukan pada tikus yang menderita diabetes, peneliti memberikan tikus suntikan ekstra daun kari intraperritoneal setiap hari selama 10 hari, hasilnya ekstrak daun kari secara signifikan menurunkan kolesterol dan gula darah.(Red)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini