Lima Manfaat Buah Mengkudu, Kolesterol Rontok hingga Gula Darah Stabil

0
621
Lima Manfaat Buah Mengkudu, Kolesterol Rontok hingga Gula Darah Stabil
Buah Mengkudu.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Mengkudu merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat tersebut tak lepas dari berbagai kandungan zat gizi di dalamnya.

Pasalnya, dalam satu buah mengkudu mengandung 90 persen air. Sedangkan 10 persen bagian keringnya terdiri dari serat, protein, dan gula.

Selain itu, kandungan protein dan asam amino sekitar 11,3 persen dari keseluruhan bagian keringnya. Buah mengkudu juga mengandung mineral seperti kalsium, sulfur, kalium, magnesium, fosfor, serta selenium yang keseluruhannya mencapai 10 – 12 persen.

Vitamin yang paling banyak terkandung dalam buah mengkudu yaitu vitamin A, vitamin B3, dan vitamin C. Berikut 5 manfaat mengonsumsi buah mengkudu untuk kesehatan seperti dilansir pada Rabu (11/1/2023):

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Mengkudu merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi.

Oleh sebab itu, manfaat mengonsumsi buah mengkudu yakni meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, vitamin C sendiri dikenal sebagai salah satu asupan yang paling baik untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C bekerja dengan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan racun lingkungan. Sehingga, risiko terkena penyakit kronis lebih rendah.

Selain itu, kandungan scopoletin yang hadir dalam buah mengkudu juga memiliki sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, antijamur dan anti-histamin yang meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh.

  1. Membantu menurunkan kolesterol

Salah satu manfaat mengonsumsi jus mengkudu ternyata bisa mengatasi kolesterol tinggi.

Menurut penelitian dari University of Illinois College of Medicine, bahwa minum jus mengkudu selama satu bulan dapat mengurangi kolesterol total dan kadar kolesterol LDL pada perokok berat.

  1. Meningkatkan daya tahan saat olahraga

Sebuah studi pernah membuktikan, pemberian jus mengkudu sebanyak dua kali sehari selama tiga minggu pada pelari berhasil meningkatkan performa berlari sebanyak 21 persen.

Besar kemungkinan hal ini terjadi karena kandungan antioksidan dalam buah mengkudu yang bisa mengurangi kerusakan jaringan otot yang biasa terjadi saat olahraga.

  1. Menurunkan gula darah

Menurut riset di Universitas Hindia Barat, bahwa penelitian pada hewan telah menunjukkan hasil yang menjanjikan terhadap manfaat buah mengkudu untuk mengontrol kadar gula darah. Penelitian ini melibatkan pemberian suplemen mengkudu noni atau obat diabetes resep pada tikus diabetes selama 20 hari untuk mempelajari efek gula darah.

Studi tersebut menemukan bahwa buah mengkudu juga efektif sebagai obat diabetes dalam menurunkan gula darah.

Hasilnya dipublikasikan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine pada Oktober 2010.

  1. Mengatasi arthritis

Dalam penelitian yang pernah dipublikasikan tahun 2011, pemberian jus mengkudu setiap hari kepada pasien osteoartritis berhasil menurunkan frekuensi dan tingkat keparahan nyeri.

Hasil tersebut dicapai setelah rutin minum jus buah mengkudu selama 90 hari. Beberapa peserta penelitian juga mengaku mengalami perbaikan dalam kualitas hidup. (Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini