Hal ‘Sepele’ yang Ternyata Bisa Jadi Tanda Kanker Paru

0
480
Hal 'Sepele' yang Ternyata Bisa Jadi Tanda Kanker Paru
Ilustrasi Batuk.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Seorang pembawa acara TV di Inggris, Jonnie Irwin, menderita kanker stadium akhir. Dia memutuskan untuk mengumumkannya kepada publik setelah dokter memberitahu kankernya sudah menyebar dari paru-paru ke otaknya. Irwin mengatakan, tanda peringatan pertamanya adalah mengalami penglihatan kabur saat mengemudi di Italia pada Agustus 2020.

Berikut penjelasan terkait tanda dan gejala peringatan yang harus diwaspadai, dan segera temui dokter jika Anda merasakannya:

  1. Sesak napas terus-menerus

Chief Executive dari Roy Castle Lung Cancer Foundation, Paula Chadwick, mengatakan, jika mengalami batuk atau sesak napas terus-menerus, Anda harus menghubungi dokter. “Jangan menganggap itu tidak perlu dikhawatirkan. Penting untuk diperiksa karena jika itu adalah kanker, maka mengetahuinya lebih awal dapat membuat perbedaan besar,” ujarnya seperti dilansir laman Independent, Selasa (17/1/2023).

  1. Infeksi dada berulang

National Health Servcies (NHS) di Inggris mengatakan, tanda peringatan lain dari kanker paru-paru adalah infeksi dada yang terus datang kembali. Gejala tersebut disoroti oleh Tracy Bourne, seorang wanita berusia 59 tahun dari Stoke-on-Trent yang pertama kali mengalami batuk pada 2018. Pada Maret 2019, dia mengalami infeksi dada yang parah dan jatuh sakit.

Dia didiagnosis menderita kanker paru-paru beberapa minggu setelah menemui dokternya dan mendapatkan rontgen. Sejak itu, dia telah menjalani operasi untuk mengangkat sebagian paru-parunya dan dinyatakan sembuh.

“Saya hanya mengira itu adalah infeksi dada, meskipun saya menjalani pemindaian, saya terus mengesampingkan pemikiran itu adalah kanker paru-paru karena saya tidak pernah merokok seumur hidup saya,” ujar Bourne.

Ini menunjukkan betapa pentingnya mendapatkan bantuan jika ada sesuatu yang tidak beres. Kepada siapa pun yang mengalami batuk yang tidak kunjung sembuh, sebaiknya segera menghubungi profesional medis dan memeriksakan diri Anda.

  1. Batuk darah

Batuk darah selalu memprihatinkan. Anda harus segera menemui dokter jika hal ini terjadi.

Direktur Kanker Nasional di NHS, Cally Palmer, sebagian besar orang yang didiagnosis menderita kanker paru-paru lebih awal dapat bertahan hidup. Untuk itu, sangat penting bagi orang-orang untuk menyadari gejalanya dan mengungkapkannya secepat mungkin.

  1. Kehilangan selera makan

Tiba-tiba kehilangan nafsu makan atau penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan bisa menjadi tanda peringatan kanker paru-paru. Pasien juga mungkin mengalami kesulitan menelan atau nyeri saat menelan dan mengi.(R)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini