Coklit Dimulai, Ketua DPRD Salatiga: Jangan Sampai Terjadi Politik Aliran

0
3324
Coklit Dimulai, Ketua DPRD Salatiga: Jangan Sampai Terjadi Politik Aliran
Ketua DPRD Salatiga Dance Isha Palit saat menerima petugas Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Pemilu 2024 di Rumah Dinas Rakyat Setuju, Jalan Jenderal Sudirman Salatiga, Minggu (12/2).
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Ketua DPRD Salatiga Dance Isha Palit mengingatkan kepada kepada pihak pelaksana Pemilu untuk bekerja secara masif mensosialisasikan tahapan sehingga pada hari H tidak terjadi Politik Aliran.

Hal ini disampaikan Dance di tengah Tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Pemilu 2024 oleh Petugas Pemilu, di Rumah Dinas Rakyat Setuju, Jalan Jenderal Sudirman Salatiga, Minggu (12/2).

Terlihat hadir, Ketua Divisi Sosialisasi KPU Salatiga Abdul Rochim dan Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Kota Salatiga, serta petugas Pantarlih di TPS 5 Kelurahan Sidorejo Kidul.

Disampaikan Yance, yang dilakukan KPU telah sesuai dengan PKPU tentang Coklit yang berhubungan dengan akuratisasi dari pemilihnya.

KPU harus mensosialisasikan kepada masyarakat hal-hal yang berkaitan dengan Pemilu. Sehingga, partisipasi Pemilu di Salatiga tinggi.

“Paling tidak permasalahan klasik seperti nama kembar, dapat teratasi. Sehingga, dalam proses Pemilu nanti jangan sampai terjadi Politik Aliran ataupun Politik Prakmatis,” jelasnya.

Jika itu sampai terjadi, ia menilai bukan tidak mungkin akan terjebak pada mobilisasi. Tentunya, berujung pada angka partisipasi tinggi namun mobilisasi karena bayaran akan sangat disayangkan.

“Antara yang dipilih dan memilih harus memiliki chemistry yang jelas. Nah, Coklit ini harus berbasis pada NIK. Dan saya berharap, proses pemilu sudah berjalan dengan Coklit ini sehingga KPU harus,” ujarnya.

Jadi, lanjut dia, pemilih harus tahu persis siapa yang akan dipilih yang akan dianggap mewakili suaranya.

Sementara itu, Ketua Divisi Sosialisasi KPU Salatiga Abdul Rochim menerangkan, kegiatan Coklit yang serentak berlangsung di seluruh Indonesia oleh KPU Salatiga Minggu (12/2) ini berlangsung dari pagi hingga sore hari. Dengan sasaran, kepada tokoh masyarakat di Salatiga.

“Coklit ini adalah momen kepada opini di Salatiga. Dan hari ini kepada Ketua DPRD Salatiga Dance Isha Palit, yang sebelumnya juga mendatangi KH Nasir, Mantan Walikota Yuliyanto, Ketua Paguyuban Disabilitas Ngatamin, dilanjutkan kepada beberapa tokoh masyarakat di Salatiga lainnya,” terang Rochim.

Coklit ini, dimaksudkan melakukan kecocokan data pemilih apa yang diterima KPU Salatiga dari Debdagri beberapa waktu lalu yang perlu dilakukan sinkronisasi kepada masyarakat.

Dan dengan Coklit juga, data pemilih dapat diketahui secara akurat. “Kemarin turun diterima KPU Salatiga itu 149.676 potensi pemilih di empat kecamatan di Salatiga,” pungkasnya.

Selanjutnya, akan diteruskan kepada Pantarlih dan dicek dilakukan di lapangan apakah ada tambahan yang kemudian menjadi Data Pemilih Sementara (DPS).(ra)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini