Survei: Anies Baswedan Unggul di Semua Simulasi Capres 2024

0
2460
Anies Teguh Jalankan Tugas sebagai Capres, Bukan Cawapres
Anies Baswedan.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Elektabilitas Anies Baswedan berada di puncak dalam bursa calon presiden (Capres) 2024. Hal ini diketahui dari hasil survei terbaru survei Trust Indonesia pada akhir Januari hingga awal Februari 2023.

Survei ini melakukan simulasi sejumlah nama tokoh yang berpotensi untuk dicalonkan menjadi capres di 2024. Pada simulasi 13 nama, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menempati urutan pertama dengan memperoleh elektabilitas sebesar 17,3%. Terpaut tipis di bawahnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan perolehan elektabilitas sebesar 17%. Sementara, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berada di peringkat ketiga dengan elektabilitas sebesar 13,1%.

Di tempat selanjutnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan elektabilitas 9,1%; Menparekraf Sandiaga Uno 6,4%; dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan elektabilitas sebesar 6,1%. Selebihnya, tokoh-tokoh yang masuk dalam daftar simulasi 13 nama masih memiliki elektabilitas di bawah 5%. Sedangkan, responden yang belum menentukan sikap atau undicided voters sebesar 18,5%.

Sementara, pada simulasi 4 nama teratas dilakukan survei kembali kepada responden. Hasilnya, Anies masih menempatkan peringkat pertama dengan elektabilitas sebesar 28,2%. Disusul, Ganjar Pranowo dengan perolehan sebesar 27,1% dan Prabowo Subianto sebesar 21,6%.

Sedangkan, Ridwan Kamil menempati peringkat keempat dengan perolehan sebesar 6,5%. Adapun, responden yang belum menentukan sikap sebesar 16,6%.

Jika dikerucutkan kembali menjadi tiga nama, Anies Baswedan juga masih unggul dengan perolehan sebesar 29,2%. Disusul Ganjar dengan elektabilitas 28,5% dan Prabowo Subianto sebesar 24,3%. Responden yang belum tentukan sikap sebesar 18%.

Untuk diketahui, survei ini dilakukan secara tatap muka langsung pada 28 Januari-6 Februari 2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling di 38 Provinsi. Jumlah responden yang dipilih sebanyak 2.200. Adapun, survei ini menerapkan margin of error atau toleransi kesalahan sebesar ±2,09%, dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%.(Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini