PKS Bersyukur Elektabilitas Anies di Survei IPO Ungguli Ganjar dan Prabowo

0
2838
PKS Bersyukur Elektabilitas Anies di Survei IPO Ungguli Ganjar dan Prabowo
Presiden PKS, Ahmad Saikhu bersama Anies Baswedan.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Elektabilitas Anies Baswedan berdasarkan hasil survei terbaru Indonesia Political Opinion (IPO) unggul di atas Ketum Gerindra, Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. PKS selaku partai yang mengusung Anies Baswedan sebagai capres untuk Pemilu 2024 merasa bersyukur dengan hasil survei tersebut.

“Pertama syukur Alhamdulillah,” kata Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera saat dikutip, Senin (13/3/2023).

Mardani menuturkan hasil survei selalu menjadi cermin dan cambuk untuk PKS. Meski hasil survei terbaru elektabilitas Anies meningkat, dia menyebut perjalanan masih panjang untuk mewujudkan Indonesia maju.

“Survei selalu jadi cermin dan cambuk. Cermin bahwa kerja kita diterima publik dan cambuk untuk bekerja keras. Kedua, perjalanan masih panjang. PKS terus bekerja dengan parpol lain pendukung Mas Anies utk menyiapkan roadmap menuju Indonesia maju. Target pertumbuhan ekonomi dan harmoni sosial di semua lapisan masyarakat,” ucapnya.

“Ketiga, edukasi publik mesti terus dijalankan. Dan dengan kerja sistematis dan menguatkan kolaborasi bersama masyarakat,” lanjutnya.

Seperti diketahui, survei dilakukan pada 1-7 Maret 2023 dengan jumlah sampel responden sebanyak 1.200. Metode ini memiliki pengukuran kesalahan (margin of error) 2,90 persen dengan tingkat akurasi data 95 persen. Setting pengambilan sampel menggunakan teknik multistage random sampling (MRS) atau pengambilan sampel bertingkat.

Hasil survei menempatkan Anies Baswedan di urutan teratas dengan 31,6% suara responden, diikuti Ganjar Pranowo 24,9%, dan Prabowo Subianto dengan 21,1%. Dalam pengerucutan 5 nama dan 3 nama, Anies tetap unggul.

Sementara itu, nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono keluar sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) favorit versi survei IPO dengan tingkat pemilihan 19,5%. Posisi selanjutnya ditempati oleh Ridwan Kamil 17,2%, Sandiaga Uno 11,7%, Erick Thohir 9,5%, dan Andika Perkasa 3,7%.

IPO juga melakukan simulasi pasangan capres dan cawapres 2024 dalam tiga formasi. Formasi pertama, pasangan Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono keluar sebagai pemenang dengan tingkat keterpilihan 39,1%. Disusul oleh paslon Ganjar Pranowo-Airlangga Hartanto 28,9% dan Prabowo Subianto-Puan Maharani 21,6%.(d1)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini