Tujuh Manfaat Shalat Tarawih, Salah Satunya untuk Lancarkan Aliran Darah dan Jantung

0
2505
Tujuh Manfaat Shalat Tarawih, Salah Satunya untuk Lancarkan Aliran Darah
Ilustrasi.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Puasa bukan satu-satunya ibadah yang bisa dilakukan selama Ramadan. Umat muslim juga disarankan untuk mendirikan salat tarawih pada malam hari. Faktanya, salat tarawih ternyata menyimpan banyak manfaat bagi mereka yang menjalaninya.

Secara spiritual, solat tarawih tentunya bisa menyempurnakan ibadah Ramadan dan mendekatkan diri dengan Yang Maha Kuasa. Di sisi lain, salat tarawih juga membawa manfaat untuk kesehatan tubuh.

Cek info yang lebih banyak tentang salat tarawih dan manfaatnya di bawah ini!

Mengenal Sholat Tarawih

Secara garis besar, gerakan dan tata cara salat tarawih sama seperti wajib pada umumnya. Bedanya, salat tarawih hanya bisa dilakukan selama bulan Ramadan saja. Artinya, salat pada malam hari yang dilakukan di luar bulan Ramadan tidak bisa disebut sebagai salat tarawih.

Salat tarawih sendiri termasuk golongan salat sunah muakkad. Salat ini bukan salat yang wajib dilaksanakan. Namun, Islam mengimbau untuk mendirikan salat tarawih ini karena memilki banyak manfaat.

Dalam pelaksanaannya, salat tarawih bisa dilakukan secara berjamaah (bersama-sama) di masjid, mushola, atau rumah. Tata cara pelaksanaan salat tarawih sendiri bisa dilakukan dalam 8 hingga 20 rakaat. Masyarakat Islam di Indonesia pun cenderung membagi salat tarawih ke dalam 2 rakaat dan salam. Namun, ada juga yang membaginya ke dalam 4 rakaat dan salam.

Manfaat Shalat Tarawih untuk Kesehatan

Secara umum, salat merupakan ibadah yang kaya akan manfaat. Manfaat tersebut pun tambah banyak saat Anda menjalankannya setelah melakukan puasa. Berikut manfaat salat tarawih untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda dapatkan.

  1. Mempercepat Proses Metabolisme

Sebelum buka puasa, kadar glukosa darah dan insulin berada dalam titik terendah. Setelah menyantap menu berbuka, gula darah dan insulin akan meningkat dan mencapai level tertingginya dalam satu hingga dua jam. Nah, momen tersebut bertepatan dengan waktu solat tarawih.

Gerakan yang dilakukan selama salat akan membantu mempercepat metabolisme tubuh. Dengan begitu, tubuh akan dengan lebih cepat mengalirkan glukosa. Di samping itu, insulin pun akan membantu mengubah glukosa menjadi energi.

  1. Manjaga Kebugaran Fisik

Islam menggabungkan gerakan fisik dan spiritual dalam ibadahnya. Anda bisa merasakan manfaat fisik dari salat dengan melakukannya. Nah, salat tarawih ini menjadi bentuk latihan yang panjang untuk menjaga kebugaran tubuh.

Salat tarawih dengan rakaat yang banyak akan bantu menjaga kebugaran fisik Anda. Dalam salat, Anda akan melakukan gerakan dinamis yang membantu otot melakukan kerjanya dengan benar. Setiap gerakan salat pun menyasar titik tubuh yang berbeda.

Ditambah lagi, salat juga menurunkan risiko cedera biarpun dilakukan berkali-kali. Berbeda saat Anda melakukan olahraga ringan lainnya yang masih memiliki risiko cedera.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat puasa adalah menjaga berat badan agar tetap ideal. Begitu pun dengan solat tarawih. Gerakan salat akan membantu membakar kalori tubuh lebih banyak. Namun, Anda perlu melakukan setiap gerakan salat dengan benar dan sungguh-sungguh. Di samping itu, ibadah tarawih juga menjaga Anda tidak makan berlebihan saat buka puasa. Hal ini juga akan membantu Anda menjaga berat badan.

  1. Melancarkan Aliran Darah

Bukan hanya bermanfaat untuk otot dan membakar kalori, gerakan salat juga berkhasiat untuk melancarkan aliran darah. Anda hanya perlu menjalankan puasa dan solat tarawih setiap harinya.

Namun, hal ini juga harus dibarengi dengan konsumsi makanan yang menyehatkan selama buka puasa, ya.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Salat juga erat hubungannya dengan jantung. Pasalnya, setiap gerakan yang dilakukan dalam solat akan mengikuti keseimbangan detak jantung. Tidak heran jika Anda akan merasakan ketenangan saat melakukan salat dengan benar.

Begitu juga saat melakukan salat tarawih yang panjang berturut-turut. Secara tidak langsung, Anda juga melakukan senam jantung yang menyehatkan.

Banyak juga pendapat yang mengatakan bahwa semakin rajin menjalankan salat tarawih, tubuh akan lebih bugar karena jantung yang bekerja baik.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Semakin tua, daya tahan tubuh akan semakin menurun. Daya tahan tubuh yang menurun tentu akan membatasi aktivitas Anda setiap harinya.

Namun, sesuai informasi di atas, salat dapat membantu meningkatkan kebugaran fisik. Daya tahan tubuh Anda pun dapat terjaga dengan melakukan gerakan-gerakan salat.

  1. Meningkatkan Kesehatan Mental 

Salat juga merupakan aktivitas spiritual yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental. Ibadah ini bahkan diklaim berkali-kali lipat manfaatnya dibandingkan dengan meditasi. Saat menjalankan salat, Anda akan diminta khusyuk dan hanya memfokuskan diri kepada Sang Pencipta.

Anda akan membaca doa dan surat-surat yang ada dalam Alquran. Mungkin doa yang dibaca bisa jadi sama setiap salatnya. Namun, pasti akan akan ada perbedaan yang dirasakan setelah beberapa kali salat.

Salat tarawih memang bukan ibadah wajib untuk umat muslim. Namun, salat ini sangat disarankan untuk tetap dilaksanakan. Bukan hanya mendekatkan dengan Sang Pencipta, salat tarawih pun memberikan manfaat untuk kesehatan mental dan fisik.(Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini