Muhammadiyah Bangun Klinik Kesehatan di Merauke Papua

0
2055
Muhammadiyah Bangun Klinik Kesehatan di Merauke Papua
Muhammadiyah Bangun Klinik Kesehatan di Merauke Papua.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Muhammadiyah memiliki track record yang cukup panjang dalam bidang kesehatan. Bermula dari gagasan Kyai Mohammad Syoedjak mendirikan hospital tahun 1923, hingga kini terus berkembang dengan angka yang cukup fantastis. Salah satu fasilitas kesehatan yang baru-baru ini dibangun ialah Klinik Muhammadiyah di jalan Raya Mandala, Merauke, Papua.

Klinik Muhammadiyah di lokasi paling timur Indonesia ini merupakan kolaborasi antara Lazismu dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Sebagai mitra kemaslahatan, BPKH menyalurkan bantuan dana kepada Lazismu yang kemudian dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas masyarakat Kelurahan Seringgu Jaya, Kecamatan Merauke, Kabupaten Merauke, Papua.

Sejatinya, pembangunan Klinik Muhammadiyah Merauke sudah dimulai sejak Januari tahun 2020. Dengan adanya bantuan dari BPKH pada tahun 2022 yang disalurkan melalui Lazismu, klinik ini pun dapat berdiri. Pembangunan yang dilakukan meliputi pekerjaan pembuatan tangga ramp, Pembuatan partisi, dan pemasangan ipal.

Pada Rabu (15/03) acara peresmian Klinik Muhammadiyah ini berlangsung lancar. Ketua Badan Pengurus Lazismu PP Muhammadiyah Ahmad Imam Mujadid menyampaikan harapannya agar klinik ini dapat mendatangkan manfaat bagi warga Merauke. Klinik ini pun merupakan yang pertama di Papua.

Klinik Muhammadiyah Merauke diharapkan mampu menjadi ikon keberhasilan program kemaslahatan BPKH berkolaborasi dengan Lazismu dalam memberikan dampak besar bagi masyarakat sekitar, terutama dalam pelayanan kesehatan.

“Semoga kebermanfaatan dana kemaslahatan BPKH yang bekerja sama dengan Lazismu bisa dirasakan oleh seluruh warga masyarakat di Merauke lintas suku dan lintas agama untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat. Terlebih, klinik ini merupakan klinik pertama Muhammadiyah di Tanah Papua,” harapnya.

Acara peresmian ini turut dihadiri Anggota Badan Pelaksana BPKH Amri Yusuf, Kepala Divisi Registrasi dan Analisa Kemaslahatan Agung Sri Hendarsa, Wakil Bupati H. Riduan, Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman, Ketua Badan Pengurus Lazismu PP Muhammadiyah Ahmad Imam Mujadid Rais, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Merauke H. Muhammad Jufri Thamrin. Peresmian ditandai dengan penyerahan mockup secara simbolis dari Ketua Badan Pengurus Lazismu PP Muhammadiyah.(Md)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini