Minyak Kedelai Paling Baik untuk Kesehatan, Cegah Penyakit Kronis dan Bikin Jantung Sehat

0
3171
Minyak Kedelai Paling Baik untuk Kesehatan, Cegah Penyakit Kronis dan Bikin Jantung Sehat
Minyak Kedelai Paling Baik untuk Kesehatan, Cegah Penyakit Kronis dan Bikin Jantung Sehat.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Minyak kedelai merupakan minyak nabati yang dibuat dengan mengekstrak kacang kedelai utuh dan dinilai paling menyehatkan. Pasalnya, minyak kedelai mengandung beragam zat gizi dengan segudang manfaat.

Minyak kedelai yang bening dengan warna kekuningan memiliki kandungan gizi dari satu sendok makan (kira-kira 13,6 gram) seperti:

Energi: 120 kkal; Lemak total: 13,6 gram; Protein: 0 gram; Karbohidrat: 0 gram; Kalium: 0,1 miligram; Vitamin E: 1,1 miligram; Asam lemak jenuh: 2,12 gram; Asam lemak tak jenuh: 11 gram; Lemak trans: 0,07 gram. Berikut beberapa manfaat minyak kedelai yang baik untuk kesehatan seperti dilansir pada Senin (20/3/2023):

  1. Membantu menurunkan tekanan darah

Minyak kedelai mengandung isoflavon kelas senyawa fitoestrogen yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Perlu diketahui, bahwa isoflavon dapat meningkatkan produksi oksida nitrat yang dapat memperluas pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Selain itu, senyawa fitoestrogen juga bermanfaat untuk menghambat produksi enzim ACE (angiotensin converting enzyme) yang memicu kenaikan tekanan darah.

  1. Mencegah kerusakan nutrisi pada masakan

Salah satu yang perlu diperhatikan dalam memilih minyak goreng, yakni nutrisi yang tidak berubah selama proses memasak. Perlu diketahui, bahwa titik asap (smoke point) minyak kedelai yaitu 230 derajat Celsius, bahkan lebih tinggi dari minyak jagung yang hanya 200 derajat Celsius.

Hal tersebut menandakan, bahwa jika ingin memasak dengan suhu tinggi, minyak kedelai merupakan pilihan yang lebih aman dan menyehatkan.

Pasalnya, saat memasak dengan minyak kedelai, maka tidak akan terjadi penurunan zat gizi di dalam minyak maupun makanan yang dimasak.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Menurut penelitian, bahwa risiko penyakit jantung bisa menurun sebesar 10 persen, jika mengganti lemak jenuh dari makanan sehari-hari dengan lemak tak jenuh.

Hal tersebut disebabkan, lemak tak jenuh dapat menurunkan kolesterol jahat dan meredakan peradangan.

Sementara itu, minyak kedelai kaya akan lemak, tetapi sebagian besarnya merupakan asam lemak tak jenuh yang bantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Minyak kedelai juga memiliki kandungan fitosterol, antioksidan dan isoflavon yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung.

  1. Mencegah penyakit kronis

Minyak kedelai memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan Omega-6. Asam lemak ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Perlu diketahui, bahwa minyak kedelai yang kaya omega-3 berpotensi dapat mencegah penyakit kronis seperti aterosklerosis, kanker, dan diabetes.

Manfaat omega-3 bekerja dengan meredakan peradangan yang merupakan cikal bakal berbagai penyakit.

Sementara itu, omega-6 bermanfaat untuk menurunkan kolesterol LDL berbahaya dan meningkatkan HDL. Minyak kedelai yang mengandung lemak sehat ini juga membantu menjaga gula darah tetap terkendali, dengan cara meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.(tM)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini