Cek 4 Bagian Mobil Setelah Digunakan Mudik Lebaran, Jangan Skip!

0
2649
Cek 4 Bagian Mobil Setelah Digunakan Mudik Lebaran, Jangan Skip!
Ilustrasi.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Mudik dengan menggunakan mobil pribadi menjadi pilihan banyak orang saat lebaran. Namun, perjalanan yang cukup jauh ditambah dengan fakor cuaca membuat performa mobil menjadi lesu.

Oleh karenanya perawatan mobil menjadi penting setelah digunakan mudik dan keliling untuk silaturahmi. Di bawah ini terdapat 4 bagian mobil yang harus segera dicek setelah lebaran. Apa saja?

  1. Oli

Pastikan memeriksa komponen cairan penting ini. Kendaraan yang digunakan pada jarak jauh dan waktu yang lebih lama dari biasanya, maka tingginya suhu mesin dapat membuat kekentalan oli dan volume-nya berkurang.

Pastikan tidak terdapat kebocoran dengan melihat adanya rembesan oli atau tidak.

  1. Kaki-Kaki

Kondisi serta medan jalan yang bervariasi, memaksa komponen ini bekerja ekstra dalam menopang bodi kendaraan.

Pastikan memeriksa kondisi shockabsorber, lower-arm, dan jangan lupa keausan ban beserta tekanan angin.

  1. Rem

Perjalanan panjang dan macet dalam waktu lama, memberikan beban pengereman bekerja lebih keras. Pastikan ketebalan kampas rem masih dalam keadaan yang baik.

Kamu dapat mengganti komponen ini apabila memang sudah mencapai batas maksimal dan jangan lupa untuk mengisi minyak rem sesuai rekomendasi yang telah ditentukan.

  1. Filter Bahan Bakar

Selama perjalanan mudik, kadang terpaksa mengisi bahan bakar tidak sesuai dengan oktan yang direkomendasikan karena ketersediaan bahan bakar di area tersebut.

Pastikan Sahabat juga mengecek filter bahan bakar, dan dapat menggantinya untuk meminimalisir kotoran yang masuk ke dalam komponen ruang bakar.(Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini