Kunjungi Jatim, Ganjar Pranowo Seolah Berikan Pesan Jika Itu Basis Suaranya, Pengamat: Efek Bandwagon Politik

0
1668
Kunjungi Jatim, Ganjar Seolah Berikan Pesan Jika Itu Basis Suaranya, Pengamat: Efek Bandwagon Politik
Kunjungi Jatim, Ganjar Seolah Berikan Pesan Jika Itu Basis Suaranya, Pengamat: Efek Bandwagon Politik.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Ganjar Pranowo pada akhir pekan kemarin mengunjungi sejumlah wilayah di Jawa Timur, mulai dari Surabaya hingga Jember.

Kedatangan bakal calon presiden (bacapres) yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mendapat sambutan meriah.

Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam mengemukakan, kunjungan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) tersebut memiliki efek psikologis politik terkhusus bagi bakal capres yang lain.

Lantaran keriuhan dan sambutan positif yang diterima, ia menilai, jika pesan kuat dari kampanye yang dilakukan Ganjar di Surabaya dan Jatim sebagai basis Ganjar cukup kuat. Hal itu yang menurutnya menjadi bandwagon politik untuk Ganjar di Surabaya dan Jatim.

Efek bandwagon sendiri merupakan efek atau kondisi, di mana masyarakat memiliki kecenderungan mengikuti tren yang sedang terjadi.

Untuk konteks Ganjar di Jatim, terlihat jika warga akan berbondong-bondong mengikuti jejak warga lainnya yang riuh menyambut Ganjar. Sehingga menurutnya, ffek bandwagon politik akan dahsyat berpengaruh pada banyak hal, termasuk kepada calon lawan.

“Memilih Surabaya dan Jawa Timur sungguh strategis, dan sekaligus bisa memberi pesan bahwa pendukung di wilayah ini solid dan bisa diandalkan untuk dukungan Mas Ganjar,” kata Surokim seperti dikutip pada Senin (8/5/2023).

Ia menilai, kubu Ganjar harus menjaga momentum antusiasme publik tersebut dan dipelihara agar kecenderungan positif terjaga.

“Suara arus bawah memang salah satunya bisa dinilai dari munculnya kesadaran massa dan bukan sekadar mobilisasi. Biasanya acara politik yang dihadiri banyak segmen pemilih memang bisa mematik kesadaran para pendukung,” katanya.

Tak hanya itu, ia juga menilai kemasan dalam kunjungan Ganjar cukup kreatif dan bisa mengombinasikan multisasaran dengan beragam jenis kegiatan yang bervariasi.

“Panitia bisa memahami kebutuhan segmen-segmen pemilih gabungan tersebut, sehingga sasaran dan penyampaian pesan bisa terjangkau dengan baik. Saya pikir panitia juga cermat dan bisa medesain pesan politik yang menarik,” ujarnya.

Ia juga beranggapan, partai pendukungnya solid dalam menyukseskan pemenangan Ganjar.

“Saya pikir ini akan menguatkan dan menjadi modal bagi Mas Ganjar dan pendukung, untuk menjaga dukungan dan juga melakukan ekspansi,” ucapnya.(Su)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini