PAN Evaluasi Kader Bentuk Relawan ‘Amanat Indonesia’ Mendukung Anies Baswedan

0
1902
PAN Evaluasi Kader Bentuk Relawan 'Amanat Indonesia' Mendukung Anies Baswedan
Pendukung Anies Baswedan berkumpul di Tennis Indoor Senayan, Minggu (7/5).
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay mengatakan PAN akan mengevaluasi kader-kadernya yang membentuk organisasi relawan bernama ‘Amanat Indonesia’ (Anies) untuk mendukung pencapresan Anies Baswedan.

Saleh menegaskan inisiator relawan Amanat Indonesia Sahrin Hamid dkk sudah bertahun-tahun tak aktif di kepengurusan PAN.

“Iya (akan dievaluasi). Mereka kan sudah lama tidak aktif. Jadi, perlu dievaluasi,” kata Saleh kepada wartawan, Senin (8/5/2023).

Saleh mengatakan PAN tak menutup peluang membahas soal sanksi bagi Sahrin Hamid dkk. Nantinya, pembahasan sanksi ini akan dilakukan dalam evaluasi tersebut.

“Akan dibicarakan di internal PAN. Apakah ada sanksi atau tidak, tergantung dari hasil evaluasi internal tersebut,” kata dia.

Saleh menjelaskan deklarasi relawan Amanat Indonesia itu tidak diketahui oleh pengurus DPP PAN. Karenanya, kegiatan itu tidak ada sangkut pautnya dengan PAN dan seluruh jaringannya.

Ia menegaskan PAN sampai saat ini belum memutuskan secara resmi tokoh yang akan didukung secara capres dalam Pilpres 2024 mendatang.

“Kalaupun ada menyebut kata amanat, itu hanya klaim sepihak. DPP dan Ketua Umum masih melakukan penjajakan dan pendalaman. Termasuk mempersiapkan proses pencalegan yang sedang berlangsung,” kata dia.

Saleh bercerita sudah bertanya kepada Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas terkait deklarasi relawan tersebut. Zulhas, lanjutnya, mengatakan tidak tahu menahu soal deklarasi itu.

“Kader PAN saat ini sedang menunggu perkembangan dan informasi. Tidak terpancing dengan deklarasi-deklarasi seperti ini. Pada saatnya, insya Allah semua akan bersama-sama mendukung salah satu pasangan capres dan cawapres yang disepakati,” kata Saleh.

Relawan ‘Amanat Indonesia’ (ANIES) telah dideklarasikan di Tenis Indoor Senayan pada Minggu (7/5) kemarin. Inisiator relawan ini salah satunya adalah Mantan Ketua DPP PAN 2010-2015 Sahrin Hamid. Sahrin memutuskan membentuk relawan ini untuk mendukung Anies.

Selain Sahrin, terdapat nama mantan anggota DPR dari Fraksi PAN Akmaldin Noor dan M Yasin Kara juga tergabung dalam kelompok relawan ini. Relawan ini mengklaim sudah memiliki kepengurusan yang tersebar di seluruh Indonesia.(Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini