Kronologi Pembatalan Izin Senam PKS bersama Anies di Stadion Patriot Bekasi

0
2370
Survei Populi: Elektabilitas PKS Salip NasDem Usai Daftarkan Anies Baswedan
Calon Presiden Anies Baswedan (tengah) menyapa sejumlah relawannya.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera Kota Bekasi Heri Koswara menjelaskan kronologi di balik pencabutan izin penggunaan Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, untuk acara senam. Mulanya, PKS mengajukan izin menggelar acara senam bersama di stadion tersebut pada Sabtu (29/7/2023).

“Selasa kami survei dengan Kadispora, survei ke sana (Stadion Patriot Candrabhaga), kami akan komitmen tidak menginjak rumput yang akan menjadi pertandingan, kami akan menggunakan jogging track (arena lari),” ucap Heri kepada wartawan, seperti dikutip Minggu (30/7/2023).

Izin kemudian terbit pada Rabu (26/7/2023). PKS lalu mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan. Namun, seiring berjalannya waktu, Pemkot Bekasi tiba-tiba membatalkan izin penggunaan stadion secara sepihak.

“Nah, sudah. Keluarlah izin, tapi saya katakan tadi, tiba-tiba hari Jumat dibatalkan, jam 11.30 WIB,” jelas Heri.

Heri pun menyesalkan pencabutan izin tersebut. Sebab, mereka tidak diberi solusi atas pembatalan izin penggunaan Stadion Patriot. “Pembatalan ini sangat kami sesalkan karena pertama, sepihak, kemudian tanpa memberikan solusi terkait dengan kegiatan positif yang dilakukan PKS,” ungkap Heri.

Ia menduga, izin penggunaan stadion dicabut karena PKS mengonfirmasi soal kehadiran bakal calon presiden Anies Baswedan dalam acara tersebut.

“Itu (pembatalan karena ada Anies Baswedan) terkonfirmasi melalui pernyataan Kadispora. Karena kan setelah itu, flyer ada gambar wajah Pak Anies itu menyebar,” ucap Heri.

Meski izin dicabut, kata Heri, PKS tetap menggelar acara pada sabtu kemarin, tetapi bukan senam. PKS mengubah acara menjadi menari serempak atau flash mob di sepanjang trotoar Jalan Raya Inspeksi Kalimalang mengarah ke Jalan Ahmad Yani. Acara itu dihadiri Anies dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

Penjelasan Pemkot Bekasi

Sementara itu, Pemerintah Kota Bekasi menjelaskan, izin tidak diberikan karena Stadion Patriot Candrabhaga akan menjadi lokasi pertandingan Liga 1 antara Bhayangkara Presisi melawan PSM Makassar pada Sabtu malam.

Izin penggunaan stadion dibatalkan berdasarkan aturan pertandingan Liga 1 yang dikeluarkan PSSI. Pasal 17 ayat 2 aturan tersebut berbunyi, “Lapangan permainan tidak boleh dipergunakan untuk aktivitas dan kegiatan selain latihan resmi sejak 48 jam sebelum kick-off pertandingan, kecuali terdapat pertandingan BRI Liga 1 lainnya.”

Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto telah menjelaskan alasan tersebut dalam surat nomor 426.22/5419-Dispora.GOR tanggal 28 Juli 2023 perihal pemakaian Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi. Surat itu disampaikan kepada Ketua DPD PKS Kota Bekasi.

“Pada dasarnya dari Pemkot Bekasi sudah memberikan izin, saya tanda tangani, tapi ternyata ada statuta PSSI yang menyebutkan bahwa stadion harus steril dari segala aktivitas 48 jam sebelum pertandingan, sehingga medcom pengawas pertandingan PSM vs Bhayangkara tidak memberikan izin. Saya juga mohon maaf kepada panitia yang sudah mempersiapkan acara tersebut,” jelas Tri dalam keterangannya.

Sementara itu, Kadispora Kota Bekasi Zarkasih menyatakan telah menyiapkan lokasi alternatif untuk kegiatan senam nusantara PKS Kota Bekasi, yakni di Lapangan Multiguna Bekasi Timur, sesuai permintaan panitia.

Dispora Kota Bekasi telah menyampaikan hal tersebut kepada Ketua DPD PKS Kota Bekasi melalui surat nomor 412.2/439-Dispora.Tertanggal 28 Juli 2023 perihal pemberitahuan pemakaian Lapangan Multiguna Kota Bekasi.(k)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini