Demokrat Bisa Tinggalkan Koalisi Perubahan Kalau Nasdem Tak Sepakat AHY Cawapres

0
3486
Demokrat Bisa Tinggalkan Koalisi Perubahan Kalau Nasdem Tak Sepakat AHY Cawapres
Anies Baswedan bersama Agus Harimurti Yudhoyono.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Kata sepakat dari Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, mengenai nama bakal calon wakil presiden (Bacawapres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), menjadi penentu sikap Partai Demokrat bertahan dalam gerbong Pilpres 2024 itu.

Pengamat politik, Jerry Massie menilai, potensi Partai Demokrat keluar dari KPP sangat terbuka. Mengingat hingga hari ini Surya Paloh masih menggantung keputusan memilih Bacawapres bagi Anies Baswedan yang telah diusung sebagai bakal calon presiden (Bacapres).

“Tiga parpol yang tergabung dalam KPP yakni Nasdem, PKS, dan Demokrat belum satu suara soal sosok Bacawapres yang akan mendampingi Bacapres Anies Baswedan di Pilpres 2024,” ujar Jerry, Rabu (16/8).

Menurut Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) itu, tiga partai anggota KPP itu seolah menyerahkan penentuan Bacawapres kepada Anies. Faktanya, tidaklah sesederhana itu.

“Meski keputusan di tangan Anies, namun muncul suara desakan dari internal koalisi, yakni Partai Demokrat dan PKS agar Bacawapres segera diumumkan,” tuturnya.

Sementara, Jerry mengamati Nasdem memberi sinyal ingin Cawapres Anies diumumkan pada menit terakhir. Pun meminta mitra koalisi bersabar dan tidak mendesak Anies untuk sesegera mungkin mengumumkan nama Bacawapres.

“Belum adanya deklarasi atau penentuan Bacawapres pendamping Anies ini menjadi diskusi hangat di ranah publik,” tuturnya.

Jerry mendapati sejumlah nama yang mengemuka dan masuk dalam bursa Bacawapres Anies. Yaitu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, hingga putri Presiden keempat Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Yenny Wahid.

Sementara di sisi lain, Jerry juga melihat dua nama Bacawapres Anies yang sedari awal pembentukan koalisi sudah mengemuka, yakni Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) serta Wakil Ketua Majelis Syura PKS Ahmad Heryawan (Aher), tak lagi digubris Surya Paloh.

“Bahkan baru-baru ini nama Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh juga masuk bursa Bacawapres pendamping Anies,” sambungnya.

“Saya rasa kalau Surya Paloh jadi cawapres kemungkinan Demokrat akan cabut dari Koalisi Perubahan,” demikian Jerry.(ra)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini