Bansos Beras Jokowi Cair, Cek Daftar Penerima di Sini!

0
2802
Bansos Beras Jokowi Cair, Cek Daftar Penerima di Sini!
Jokowi bakal membagikan beras masing-masing 10 kg ke 21,3 juta rakyat miskin mulai September 2023 demi membantu mereka menghadapi lonjakan harga beras. Ilustrasi.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Bantuan Sosial (Bansos) dalam bentuk beras yang dijanjikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan cair lebih cepat. Dari rencana penyaluran pada Oktober 2023 menjadi bulan ini sebanyak 10 kg beras.

“Perlu saya sampaikan, awal September ini akan mulai didistribusikan bantuan pangan beras. Satu keluarga penerima manfaat (KPM) mendapatkan 10 kg beras,” kata Jokowi dalam pidatonya saat membuka Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2023 di Istana Negara, Kamis (31/8/2023).

Bansos yang akan diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat sebanyak 21,353 juta untuk jatah selama tiga bulan. Periode pertama penyaluran KPM sudah dilakukan pada bulan Maret-Mei 2023.

Hal ini diyakini Jokowi menahan laju kenaikan harga beras dan mengamankan pasokan bagi keluarga berpenghasilan rendah.

“Ini seperti semi operasi pasar. Sehingga setiap bulan keluar 210 ribu ton selama 3 bulan, September, Oktober, dan November,” kata Jokowi.

“Tolong dicek. Ini kan sudah menggrojok beras ke masyarakat. Kalau harganya masih naik, saya minta Bapak/Ibu Gubernur, Bupati/Walikota agar menggunakan anggarannya untuk mengintervensi pasar. Dengan itu lah harapan kita inflasi pelan-pelan turun,” pungkasnya.

Cara Cek Penerima Bansos

Penerima bansos dapat memastikan dirinya terdaftar atau tidak melalui laman resmi cekbansos.kemensos.go.id. Langkah dan alur pengecekan sebagai berikut:

  1. Buka laman website kemensos.go.id
  2. Ketika sudah berada laman kemensos.go.id, maka masukan wilayah penerima manfaat berupa; provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa. Mengisi data wilayah penerima manfaat;
  3. Masukan nama penerima manfaat harus sesuai dengan data yang tertera di e-KTP atau Dukcapil;
  4. Ketik huruf kode chapta;
  5. Setelah itu tinggal klik ‘Cari Data’;
  6. Selanjutnya sistem Cek Bansos Kemensos akan mencari Nama Penerima Manfaat jika data tersebut terdaftar sebagai penerima bansos.

Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini