Empat Khasiat Kayu Manis Luar Biasa, Mampu Mengatasi Diabetes Hingga Penyakit Jantung

0
2127
Empat Khasiat Kayu Manis Luar Biasa, Mampu Mengatasi Diabetes Hingga Penyakit Jantung
Kayu Manis.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Kayu manis merupakan salah satu bumbu dapur yang sudah lama dipakai sebagai obat herbal. Memiliki khasiat yang dahsyat, membuat kayu manis ini banyak dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan.

Sementara itu, di pasaran, kayu manis tersedia dalam bentuk kulit yang sudah dikeringkan, minyak esensial, daun, ekstrak cairan, bubuk, dan sirup.

Umumnya, kayu manis diolah dengan menyeduh di air panas dalam bentuk teh kayu manis. Berikut manfaat kayu manis untuk kesehatan tubuh, seperti dilansir pada Jumat (1/9/2023):

  1. Penyakit jantung

Salah satu manfaat kayu manis ternyata bisa untuk mengatasi risiko penyakit jantung. Pasalnya, kayu manis memiliki kandungan cinnamaldehyde dan cinnamic acid yang mampu menstabilkan tekanan darah dan melemaskan pembuluh darah.

Selain itu, kandungan tersebut juga dipercaya menurunkan kadar kolesterol dan lemak pada darah.
Perlu diketahui, bahwa hipertensi dan kolesterol tinggi bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit jantung, seperti gagal jantung hingga stroke.

  1. Diabetes

Kayu manis merupakan salah satu bumbu dapur yang dipercaya aman untuk pengidap diabetes.

Menurut Diabetes Research and Clinical Practice (2019) bahwa cinnamon membantu menurunkan gula darah puasa pada pengidap diabetes tipe 2 dan prediabetes.

  1. Kanker

Salah satu manfaat kayu manis, yakni mengandung senyawa yang bersifat antikanker.

Perlu diketahui, bahwa kemampuan antikanker dalam kayu manis ini berasal dari senyawa eugenol dan cinnamalehyde.

  1. HIV

Salah satu manfaat kayu manis ternyata bisa untuk melawan virus HIV. Pasalnya, kayu manis memiliki kandungan cinnamon yang berasal dari jenis Cassia yang dipercaya bisa melawan virus HIV.

Meski begitu, manfaat itu baru diuji di laboratorium, belum pada manusia secara langsung. Terlebih, studi kayu manis untuk HIV juga masih terbatas.(Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini