Indonesia Dorong ASEAN Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Global

0
2370
Indonesia Dorong ASEAN Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Global
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Indonesia menjadi tuan rumah gelaran KTT ASEAN di Jakarta pada 5-7 September 2023. Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 mengusung tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth” yang diharapkan dapat mendorong ASEAN menjadi pusat pertumbuhan ekonomi global.

Selain itu, ASEAN bukan hanya sebatas organisasi yang memiliki peran bagi kawasan saja, tetapi juga untuk dunia.

KTT ASEAN di Jakarta ini bakal dihadiri 11 pemimpin negara Asia Tenggara, di mana Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) memimpin 12 pertemuan.

Event ini pun juga dihadiri 9 pemimpin atau perwakilan negara mitra wicara ASEAN dan 9 pemimpin perwakilan organisasi intermasional.

Menurut Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, kepemimpinan Indonesia dalam KTT ASEAN tahun ini memiliki empat ruh utama.

“Pertama, pentingnya meletakkan visi jangka panjang kawasan. Kedua, memperkuat ketahanan ASEAN dalam menghadapi tantangan zaman,” ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (2/9/2023).

Retno melanjutkan, ketiga adalah mendorong ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi. Keempat, menjadikan Indo-Pasifik sebagai kawasan aman dan damai.

“Kami juga memulai inisiatif ASEAN Indo-Pacific Forum yang akan diselenggarakan bersamaan dengan KTT ASEAN,” katanya.

Presiden Jokowi mengatakan berbagai isu akan dibahas, khususnya masalah ekonomi di mana ASEAN bisa menjadi pusat pertumbuhan ekonomi. Jokowi menyebut penyelenggaraan KTT ASEAN ini akan memberikan manfaat untuk masyarakat.

“ASEAN ini tidak hanya berbicara tinggi-tinggi tetapi betul-betul bisa ada manfaatnya ke bawah, ke masyarakat,” tuturnya.(Tm)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini