Pemuda Minangkabau Juara Hafiz Qur’an 30 Juz di Arab Saudi, Rebut Hadiah Hampir Rp 700 Juta

0
3396
Pemuda Minangkabau Juara Hafiz Qur'an 30 Juz di Arab Saudi, Rebut Hadiah Hampir Rp 700 Juta
Pemuda asal Sumatera Barat, Muhammad Mufid Al-Izza, menang lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di Arab Saudi.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Pemuda asal Sumatera Barat, Muhammad Mufid Al-Izza, menang lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di Arab Saudi.

Kompetisi yang diadakan oleh Kementerian Urusan Islam ini memberikan hadiah fantastis, total 4 juta riyal atau setara Rp 16,3 miliar.

Mufid yang menduduki peringkat empat mendapat hadiah 170 ribu riyal atau hampir Rp 700 juta.

Kompetisi internasional ini bertajuk “King Abdulaziz International Competition for Memorizing Reciting and Explanation the Holy Quran in its 43rd session”. Perlombaan ini diikuti oleh 166 qari dan hafiz (penghafal Al-Quran) dari 117 negara, termasuk Indonesia.

Kementerian Urusan Islam mengumumkan para pemenangnya pada Kamis (7/9) WIB. Upacara penyerahan hadiah kepada pemenang dilakukan di kompleks Masjidil Haram di Makkah oleh Wakil Emir Makkah Pangeran Badar bin Sultan bin Abdulaziz didampingi Menteri Urusan Islam Dr Abdullatif bin Abdulaziz Al-Alsheikh.

Muhammad Mufid adalah satu-satunya pemenang dari Indonesia. MTQ ini melombakan 5 cabang. Mufid mengikuti cabang “menghafal seluruh Al-Quran dengan performa dan intonasi bagus” atau Hifzil Al-Quran golongan 30 juz.

Di cabang ini, juara satu dipegang peserta dari Somalia dengan hadiah 200 ribu riyal (sekitar Rp 817 juta), juara dua dari Swedia dengan hadiah 190 ribu riyal (Rp 776 juta), juara tiga dari Bangladesh dengan hadiah 180 ribu riyal (Rp 735 juta), juara empat dari Indonesia (Muhammad Mufid Al-Izza) dengan hadiah 170 ribu riyal (Rp 694 juta), dan juara kelima dari Libya dengan hadiah 160 ribu riyal (Rp 654 juta).

Indonesia Kirimkan 2 Peserta

Berdasar rilis Kemenag pada 22 Agustus 2023, Indonesia mengirimkan dua peserta dalam ajang bergengsi ini. Mereka adalah Zaki Muhammad Al-Ghani asal Jawa Barat untuk cabang Hifzil Al-Quran golongan 15 juz dan Muhammad Mufid Al-Izza asal Sumatra Barat untuk cabang Hifzil Al-Quran golongan 30 juz.

Kepala Subdirektorat Lembaga Tilawah dan Musabaqah Al-Quran dan Al-Hadist Kemenag, Rijal Ahmad Rangkuty, mengungkapkan, Zaki dan Mufid mengikuti MTQ yang berlangsung mulai 25 Agustus hingga 7 September 2023. Mereka terbang ke Saudi pada 24 Agustus.

Rijal menambahkan, pemilihan delegasi tersebut ditentukan dari hasil MTQ Nasional XXIX yang dihelat pada 2022 di Kalimantan Selatan.

Zaki Muhammad Al-Ghani merupakan juara 1 pada cabang lomba Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) golongan 10 juz (Putra). Sementara Muhammad Mufid Al-Izza adalah juara 3 pada cabang lomba MHQ golongan 30 juz (Putra).(k2)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini