Jamu Kunyit Asam Ternyata Dahsyat, Berhasiat Mampu Mengendalikan Gula Darah

0
2955
Jamu Kunyit Asam Ternyata Dahsyat, Berhasiat Mampu Mengendalikan Gula Darah
Kunyit Asam.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Kunyit asam merupakan salah satu jamu yang digemari oleh banyak orang. Sebab, jamu kunyit asam memiliki khasiat yang dahsyat untuk kesehatan.

Perlu diketahui, bahwa kunyit mengandung zat gizi kurkumin yang berfungsi sebagai analgesik (meredakan nyeri), antipiretik (menurunkan suhu tubuh saat demam), dan antiradang.

Sementara itu, asam jawa mengandung bahan aktif sebagai antiradang, analgesik, dan penenang.

Berikut manfaat mengonsumsi jamu kunyit asam untuk kesehatan tubuh, seperti dilansir pada Minggu (17/9/2023):

  1. Mengurangi kembung

Salah satu manfaat mengonsumsi jamu kunyit asam ternyata bisa mengurangi perut kembung.

Perlu diketahui, bahwa sudah sejak lama jamu kunyit asam dipercaya sebagai carminative mengatasi kembung. Pasalnya, kunyit dan asam merupakan bahan bumbu dapur yang bisa membantu mencegah pembentukan gas di dalam perut.

  1. Mengendalikan gula darah

Salah satu manfaat mengonsumsi jamu kunyit asam ternyata bisa mengendalikan gula darah.

Pasalnya, kunyit asam memiliki kemampuan antiinflamasi yang mampu membuat peradangan berkurang dan tubuh dapat merespons hormon insulin dengan baik.

Selain itu, kunyit asam juga memiliki sifat antioksidan yang bisa membantu memerangi radikal bebas yang merusak sel pankreas. Perlu diketahui, bahwa pankreas memiliki fungsi menghasilkan insulin dengan optimal dan membuat gula darah tetap terkendali.

  1. Meredakan nyeri haid

Salah satu khasiat mengosumsi kunyit asam, yakni bisa meredakan nyeri haid. Menurut studi terbitan Biomedical and Pharmacology Journal (2020), kandungan kurkumin pada kunyit bekerja dengan cara mengurangi produksi prostaglandin, yaitu hormon yang menciptakan rasa sakit dan pembengkakan.

Perlu diketahui, bahwa kunyit asam mengandung senyawa tanaman atau fitonutrien yang terkandung, seperti alkaloid, flavonoid, tanin, fenol, dan saponin.

Hal itu, membuat asam jawa mampu menekan peradangan pemicu rasa sakit, menghambat prostaglandin, serta mengendalikan senyawa otak yang mengatur rasa sakit.

  1. Sebagai antioksidan

Kunyit dan asam jawa sama-sama bermanfaat sebagai antioksidan. Kandungan antioksidan pada minuman kunyit asam mempunyai aktivitas yang lebih besar dibandingkan dengan antioksidan sintetis.

Perlu diketahui, bahwa antioksidan baik untuk mengurangi peradangan tubuh dan kerusakan sel, caranya dengan melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. (tM)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini