Kaum Muslimin di Polandia Ternyata Mirip dengan Warga Muhammadiyah

0
1650
Kaum Muslimin di Polandia Ternyata Mirip dengan Warga Muhammadiyah
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti berjumpa dengan Mufti Polandia, Tomasz Miśkiewicz, dan perwakilan Pusat Studi Perbandingan Peradaban Jagillonian University di Krakow, Dr. Merek Maroñ.
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Pasca mewakili Indonesia dalam forum dialog dan perdamaian internasional antar pemuka agama oleh komunitas Sant’Egidio di Berlin, Jerman pada Ahad-Selasa, 10-12 September 2023, Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Abdul Mu’ti bertolak ke Polandia.

Setibanya di sana, Abdul Mu’ti berjumpa dengan Mufti Polandia, Tomasz Miśkiewicz, dan perwakilan Pusat Studi Perbandingan Peradaban Jagillonian University di Krakow, Dr. Merek Maroñ.

Didampingi Diplomat KBRI Warsawa, Muhammad Afif dan Nike, Abdul Mu’ti pandangan dan keadaan umat muslim di Polandia.

“Kami berbagi informasi, pengalaman, tantangan, dan peluang kerjasama muslim Indonesia, khususnya Muhammad, dengan Polandia dalam berbagai bidang. Mufti Polandia dan Dr. Merek Maroñ menyampaikan pernah berkunjung dan sangat terkesan dengan keindahan Indonesia,” tulis Abdul Mu’ti lewat pesan tertulis, dikutip Senin (18/9/2023).

Abdul Mu’ti menilai, meskipun umat Muslim Polandia hanya 100.000 orang dari 37 juta penduduk, tapi muslim Polandia tidak menemukan kesulitan dalam melaksanakan agamanya di negara tersebut karena sikap suportif dari pemerintah.

Selain berbagi pandangan mengenai kehidupan kaum muslimin di Polandia, dirinya juga berdiskusi mengenai kesamaan pemahaman kaum muslimin Polandia dengan Persyariakatan Muhammadiyah, terutama dalam penetapan awal Ramadan, Idulfitri, dan Iduladha.

“Kami juga bicara masalah makanan halal dan penetapan Ramadan, Idulfitri, dan Iduladha. Di Polandia,  umat Islam menetapkan Ramadan, Idulfitri, dan Iduladha dengan hisab, bukan dengan rukyah,” pungkasnya. (Md)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini