Bocor Agenda Dinas Mentan SYL Hari Ini: Pagi Pamitan, Siang Ke Istana, Sore Mengundurkan Diri

0
1776
Bocor Agenda Dinas Mentan SYL Hari Ini: Pagi Pamitan, Siang Ke Istana, Sore Mengundurkan Diri
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).
Bagikan Berita Ini

TEROPONGMETRO – Sebuah catatan jadwal dinas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) bocor ke media. Beredar lewat WhatsApp di kalangan wartawan, jadwal dinas SYL pada Kamis (5/10/2023) hari ini.

Berdasarkan catatan itu sebagaimana dilihat pada Kamis pagi, tercatat agenda Mentan Syahrul Yasin Limpo 5 Oktober 2023. Pertama pukul 09.00 WIB berada di Ragunan untuk bertemu pegawai Kementan sekaligus pamitan.

Kemudian pada pukul 11.00 WIB ke Polda Metro Jaya. Tidak dijelaskan secara rinci dalam jadwal dinas itu untuk acara atau urusan apa SYL mendatangi Polda Metro Jaya.

Kemudian pada pukul 13. o0 WIB, SYL dijadwalkan ke Istana. Diduga, ia akan sowan atau menemui Presiden Joko Widodo sebagaimana yang tersiar.

Terakhir pada pukul 14.00 WIB, SYL dijadwalkan mengundurkan diri dari posisinya sebagai Menteri Pertanian. Meski demikian, wartawan masih berupaya mengonfirmasi kebenaran dari jadwal SYL yang beredar itu kepada sejumlah pihak terkait.

Sebelumnya, Febri Diansyah selaku kuasa hukum yang kembali ditunjuk oleh Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Mentan akan menghadap Presiden Jokowi pada Kamis hari ini.

“Saya diminta untuk menyampaikan, bahwa besok (Kamis hari ini), Pak Mentan akan ke istana menghadap bapak Presiden (Jokowi),” kata Febri Diansyah di Kantor DPP NasDem, Rabu (4/10/2023) malam.

Hal itu disampaikan Febri usai bertemu Menteri Pertanian dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Ketika ditanyakan, apakah Mentan menghadap Presiden Jokowi untuk mengajukan pengunduran diri, Febri tidak merespon pertanyaan tersebut.

Dia memastikan bahwa Mentan akan menghadapi proses hukum itu, dan akan kooperatif menjalankan proses hukum yang sedang berjalan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Mentan memastikan bahwa perjalanan ke luar negeri adalah perjalanan dalam melakukan tugas. Jadi ada rangkaian tugas yang sudah dilakukan di beberapa hari tersebut,” katanya.

Diketahui, dari keterangan Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Silmy Karim, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo telah terdeteksi masuk ke Imigrasi Indonesia pada Rabu petang.

“Sudah masuk Imigrasi Indonesia (pukul) 18.41 WIB,” kata Silmy.

Kata dia, Syahrul Yasin Limpo berangkat ke Italia tergabung bersama 22 delegasi Kementerian Pertanian (Kementan) pada 24 September 2023.

Syahrul Yasin Limpo meninggalkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Banten pada tanggal 24 September 2023, ke Doha, Qatar dalam rangka transit, sebelum menuju Roma, Italia.(Su)


Bagikan Berita Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini